Pengaruh Amlodipin Sebagai Obat Antihipertensi Terhadap Kejadian Pembesaran Gingiva : Systematic Review = The Effect of Amlodipine as an Antihypertensive Drug on the Incident of Gingival Enlargement: Systematic Review


Fadila, Giatri (2023) Pengaruh Amlodipin Sebagai Obat Antihipertensi Terhadap Kejadian Pembesaran Gingiva : Systematic Review = The Effect of Amlodipine as an Antihypertensive Drug on the Incident of Gingival Enlargement: Systematic Review. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011201173_skripsi_17-10-2023 caver1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201173_skripsi_17-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201173_skripsi_17-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201173_skripsi_17-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 November 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Pembesaran gingiva adalah suatu kondisi saat ukuran gingiva meningkat sebagai respon terhadap peradangan, penyakit sistemik, atau obat- obatan tertentu termasuk antikonvulsan, calcium channel blocker dan imunosupresan.Bentuk yang paling umum dari pembasaran gingiva yaitu akibat penggunaan obat atau disebut drug-induced gingival overgrowth (DIGO). Salah satu obat yang banyak menyebabkan pembesaran gingiva adalah obat antihipertensi.Seiring dengan meningkatnya prevalensi hipertensi,farmakoterapi antihipertensi berkembang selama beberapa dekade, didorong oleh pengembangan berbagai kelas obat antihipertensi. Sesuai dengan data penggunaan farmakoterapi antihipertensi obat yang paling banyak digunakan yaitu, calcium channel blocker khususnya amlodipin.Amlodipin menunjukkan profil farmakologis yaitu, long-acting dihidropiridin,vasodilatasi arteri koroner dan perifer, sakit kepala, kemerahan pada wajah, dan edema. Efek samping pada oral yang paling utama adalah amlodipine-induced gingival overgrowth (AIGO). Terdapat beberapa jurnal yang membahas mengenai pengaruh Calcium channel blocker terhadap pembesaran gingiva, namun tidak spesifik membahas mengenai pengaruh dari amlodipin.Sehingga, perlu kajian lebih lanjut mengenai pengaruh golongan obat antihipertensi yaitu Calcium channel blocker khususnya amlodipin terhadap pembesaran gingiva .Tujuan : Secara umum,systematic review ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari mengkonsumsi obat amlodipin sebagai antihipertensi terhadap kejadian pembesaran gingiva serta penyebab dan faktor yang mempengaruhinya. Hasil : Dalam tinjauan sistematik ini didapatkan hasil berupa hubungan yang signifikan antara dikonsumsinya amlodipin terhadap kejadian pembesaran gingiva, pembesaran gingiva yang diinduksi amlodipin terjadi akibat proliferasi sel epitel gingiva serta sel jaringan ikat dan matriks ekstraseluler. Simpulan : Pengaruh mengkonsumsi amlodipin terhadap kejadian pembesaran gingiva, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Namun, tidak semua pasien yang mengkonsumsi amlodipin mengalami pembesaran gingiva, hal ini disebabkan terdapat predisposisi genetik dan dosis dari amlodipin.

Kata Kunci : Pembesaran gingiva akibat amlodipin, Amlodipine induced gignival overgrowth.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembesaran gingiva akibat amlodipin, Amlodipine induced gignival overgrowth.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Mar 2024 06:03
Last Modified: 07 Mar 2024 06:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item
View Item