TRADISI MA' PANGOLO MASYARAKAT KALUPPINI (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI MASYARAKAT KOMUNITAS ADAT KALUPPINI DI KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN. = THE MA' PANGOLO TRADITION OF THE KALUPPINI COMMUNITY (ETHNOGRAPHIC STUDY OF THE COMMUNICATION OF THE KALUPPINI INDIGENOUS COMMUNITIES IN ENREKANG DISTRICT, SOUTH SULAWESI.


Syahrandi, Taufik (2023) TRADISI MA' PANGOLO MASYARAKAT KALUPPINI (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI MASYARAKAT KOMUNITAS ADAT KALUPPINI DI KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN. = THE MA' PANGOLO TRADITION OF THE KALUPPINI COMMUNITY (ETHNOGRAPHIC STUDY OF THE COMMUNICATION OF THE KALUPPINI INDIGENOUS COMMUNITIES IN ENREKANG DISTRICT, SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31116316_skripsi_11-08-2023 caver1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31116316_skripsi_11-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31116316_skripsi_11-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E31116316_skripsi_11-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK TAUFIK SYAHRANDI. Tradisi Ma-Pangolo Masyarakat Kaluppini (Studi Etnografi Komunikasi Masyarakat Komunitas Adat Kaluppini Di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan). (Dibimbing oleh M. Iqbal Sultan dan Indrayanti). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan prosesi tradisi ma-pangolo di Masyarakat Komunitas Adat Kaluppini. (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas komunikasi yang terjadi pada tradisi ma-pangolo Masyarakat Komunitas Adat Kaluppini. (3) Untuk mendeskripsikan makna tradisi ma-pangolo Masyarakat Komunitas Adat Kaluppini. Penelitian ini berlangsung selama lima bulan, sejak Desember 2022 hingga April 2023. Adapun tipe penelitian ini adalah deskriktif kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi langsung ke lapangan, wawancara dan studi pustaka dengan mempelajari beberapa buku, jurnal, dan laporan penelitian dan lain sebagainya. Data yang didapatkan kemudian diuraikan secara deskriktif pada bagian hasil dan pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi ma-pangolo masyarakat Kaluppini mempunyai dengan menggunakan pendekatan etnografi komunikasi sebuah aktivitas komunikasi dapat diidentifikasi. Aktivitas komunikasi tersebut adalah situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif. Berdasarkan analisis terhadap komponen komunikasi, peneliti menyimpulkan komunikasi pada tradisi ma-pangolo dapat dipahami melalui pesan-pesan adat yang mengandung makna atas nilai�nilai masyarakat Kaluppini dalam menjalani kehidupan sehari-hari, menjunjung tinggi persaudaraan sesama manusia dan pengharapan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahan di dunia, maupun di akhirat.

Keywords : Ma-Pangolo, Etnografi Komunikasi, Masyarakat Kaluppini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ma’ Pangolo, Communication Ethnigraphy, Kaluppini People.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:57
Last Modified: 06 Mar 2024 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30062

Actions (login required)

View Item
View Item