EFISIENSI ALOKATIF PENGGUNAAN INPUT TERHADAP PRODUKSI USAHATANI PADI DI DESA SALASSAE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA = ALLOCATIVE EFFICIENCY OF USING INPUT ON RICE FARMING PRODUCTION IN SALASSAE VILLAGE BULUKUMPA DISTRICT BULUKUMBA DISTRICT


Putri, Reski Dwi (2023) EFISIENSI ALOKATIF PENGGUNAAN INPUT TERHADAP PRODUKSI USAHATANI PADI DI DESA SALASSAE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA = ALLOCATIVE EFFICIENCY OF USING INPUT ON RICE FARMING PRODUCTION IN SALASSAE VILLAGE BULUKUMPA DISTRICT BULUKUMBA DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191157_skripsi_17-10-2023 CAVER1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191157_skripsi_17-10-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191157_skripsi_17-10-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191157_skripsi_17-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 November 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nilai produktivitas padi di Kabupaten Bulukumba yang tidak stabil pada kurun waktu tiga tahun terakhir yang membuat kenaikan maupun penurunan produktivitas secara pesat membuat suatu permasalahan yang perlu untuk ditanggulangi. Hal ini disebabkan oleh penggunaan input produksi dalam usahatani yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan input terhadap produksi usahatani padi dan tingkat efisiensi alokatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba pada tahun 2023. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara terstruktur kepada petani dengan jumlah responden sebanyak 60 orang petani. Analisis data yang digunakan yaitu Cobb-Douglas untuk mengetahui pengaruh input terhadap produksi usahatani padi dan Analisis Efisiensi Alokatif (AEA) untuk menganalisis tingkat efisiensi dari penggunaan input terhadap produksi usahatani padi di Desa Salassae. Dari hasil penelitian, semua variabel secara simultan memiliki pengaruh terhadap produksi usahatani padi. Secara parsial Luas lahan, Pupuk Urea, Insektisida dan Herbisida berpengaruh positif signifikan. Sementara variable Pupuk SP-36 memiliki pengaruh negatif signifikan dan variable Benih, Pupuk NPK, dan Tenaga kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi usahatani padi. semua variabel yang memiliki pengaruh positif signifikan juga Pupuk NPK secara alokatif penggunaannya belum efisien sehingga diperlukan penambahan input sedangkan variabel Benih, Pupuk SP-36 dan Tenaga Kerja secara alokatif penggunaanya tidak efisien sehingga diperlukan pengurangan input untuk memperoleh produksi yang optimum.

Keywords : Efisiensi Alokatif, Fungsi Produksi Cobb-Douglas, Produksi Padi, Usahatani Padi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Allocative Efficiency, Cobb-Douglas Production Function, Rice Production, Rice Farming
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:54
Last Modified: 06 Mar 2024 06:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30060

Actions (login required)

View Item
View Item