DAMPAK KERJA SAMA TIONGKOK - PAKISTAN TERHADAP STABILITAS KEAMANAN ASIA SELATAN = THE IMPACT OF CHINA-PAKISTAN COOPERATION ON SOUTH ASIAN SECURITY STABILITY


Abdi, Ahmad (2023) DAMPAK KERJA SAMA TIONGKOK - PAKISTAN TERHADAP STABILITAS KEAMANAN ASIA SELATAN = THE IMPACT OF CHINA-PAKISTAN COOPERATION ON SOUTH ASIAN SECURITY STABILITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061191010_skripsi_16-08-2023 caver1.jpg

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061191010_skripsi_16-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061191010_skripsi_16-08-2023 dp.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061191010_skripsi_16-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

AHMAD ABDI E061191010. “Dampak Kerja sama Tiongkok - Pakistan Terhadap Stabilitas Keamanan Asia Selatan”. Di bawah bimbingan Bapak Agussalim, S.IP, MIRAP selaku Pembimbing I dan Bapak Ishaq Rahman, S.IP, M.Si selaku Pembimbing II, pada Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari adanya kerja sama Tiongkok dan Pakistan terhadap stabilitas keamanan kawasan Asia Selatan. Penelitian ini menggunakan dua konsep yang sejalan dengan tema yakni konsep Hubungan Bilateral dengan tujuan memahami lebih jauh hubungan yang dijalin oleh Tiongkok dan Pakistan serta konsep Regional Security Complex oleh Barry Buzan yang digunakan dalam membedah dampak yang ditimbulkan untuk kawasan Asia Selatan dengan adanya kerja sama bilateral dari kedua negara tersebut. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini ialah metode dengan tipe penelitian kualitatif yang ditulis secara deskriptif, yang dimana teknik pengumpulan data yang digunakan dalam adalah studi kepustakaan atau Library Research, yang dengan teknik kepenulisan tersebut penulis akan melihat serta ingin mengkaji beberapa sumber atau literatur yang ada. Data yang ditulis dalam penelitian ini didapatkan melalui jurnal, buku, artikel, majalah, website, atau media yang bersangkutan lainnya.
Penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa, adanya kerja sama antar bidang yang terjalin antara Tiongkok dan Pakistan sedikit banyak berdampak pada stabilitas keamanan Asia Selatan. proyek raksasa yang dijalin oleh kedua pihak yakni China - Pakistan Economic Corridor (CPEC), kerja sama keamanan dan militer serta kerja sama nuklir menjadi bentuk kerja sama yang berdampak pada stabilitas keamanan kawasan Asia Selatan. adanya perlombaan senjata antara negara yang memiliki kuasa di kawasan tersebut seperti Amerika dan India dan menimbulkan dilema keamanan di kawasan menjadi dampak dari terjalinnya hubungan bilateral antara kedua negara bertetangga namun beda kawasan tersebut.

Kata Kunci: Asia Selatan, CPEC, Stabilitas Keamanan, Kerja sama Bilateral

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: South Asia, CPEC, Security Stability, Billateral Cooperation
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:28
Last Modified: 16 Feb 2024 03:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30045

Actions (login required)

View Item
View Item