ANALISIS PERBANDINGAN KEBIJAKAN ADMINISTRASI TRUMP DAN BIDEN TERHADAP ISU PEMANASAN GLOBAL DALAM PARIS AGREEMENT = COMPARATIVE ANALYSIS OF TRUMP AND BIDEN ADMINISTRATION POLICIES ON THE ISSUE OF GLOBAL WARMING IN THE PARIS AGREEMENT


Najamuddin, Poetra Hardinas (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KEBIJAKAN ADMINISTRASI TRUMP DAN BIDEN TERHADAP ISU PEMANASAN GLOBAL DALAM PARIS AGREEMENT = COMPARATIVE ANALYSIS OF TRUMP AND BIDEN ADMINISTRATION POLICIES ON THE ISSUE OF GLOBAL WARMING IN THE PARIS AGREEMENT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061191002_skripsi_09-08-2023 caver1.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061191002_skripsi_09-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061191002_skripsi_09-08-2023 dp.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061191002_skripsi_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Poetra Hardinas Najamuddin, E061191002, “Analisis Perbandingan Administrasi Trump dan Biden terhadap Isu Pemanasan Global dalam Paris Agreement” di bawah bimbingan Prof. Drs. H. Darwis, MA., Ph.D selaku pembimbing I dan Nurjannah Abdullah, S.IP, MA selaku pembimbing II pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan proses pengambilan kebijakan administrasi Trump dan Biden terhadap pemanasan global dalam Paris Agreement dan dampak kebijakan administrasi Trump dan Biden terhadap Pemanasan Global dalam Paris Agreement dengan menggunakan konsep dan teori Foreign Policy dan National Interest. Metode penelitian ini menggunakan analisis kualitatif-deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengenai perbandingan proses pengambilan kebijakan administrasi Trump dan Biden terhadap pemanasan global dalam Paris Agreement. Donald Trump memiki sifat yang konservatif terhadap isu lingkungan dan menganggap isu lingkungan tersebut dapat melemahkan industry negara Amerika Serikat yang akan berdampak pada perekonomian negeri Amerika serikat. Jelas menurutnya akan menghambat laju produksi dan akan meningkat emisi gas karbon dan efek rumah kaca hal ini yang membuat presiden Donald Trump menarik diri dari Paris Agreement sedangkan Joe Biden yang mempunyai kepercayaan bahwa pentingnya isu lingkungan terhadap keberlangsungan hidup manusia yang melahirkan sikap optimis terhadap Paris Agreement dan bergabung kembali dengan perjanjian tersebut. Dengan pemikiran Amerika Serikat mencapai energi bersih (Net-Zero) dan ekonomi nol emisi (Zero Emission Economy) pada tahun 2050.
Adapun mengenai dampak kebijakan administrasi Trump dan Biden terhadap pemanasan global dalam Paris Agreement adalah di pemerintahan Donald trump terjadi penurunan angka pengangguran karena industri batubara yang meningkat hal ini sesuai dengan kepentingan nasional trump yaitu mencapai tujuan Amerika Serikat baik dari sektor ekonomi, sosial dan politik sedangkan pada pemerintahan Joe Biden adalah berdampak pada mereformasi politik hijau di administrasinya dengan cara membentuk Kelompok Kerja Antarlembaga untuk mengoordinasikan pendekatan terpadu dan menyeluruh dari pemerintah untuk mendukung komunitas energi.

Kata kunci : Paris Agreement, Donald Trump, Joe Biden, Pemanasan Global

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Paris Agreement, Donald Trump, Joe Biden, Global Warming
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:28
Last Modified: 06 Mar 2024 06:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30043

Actions (login required)

View Item
View Item