OPTIMALISASI PERAN DINAS SOSIAL DALAM PENANGANAN ANAK JALANAN DAN GELANDANGAN PENGEMIS DI WILAYAH KOTA MAKASSAR = OPTIMIZATION OF THE ROLE OF SOCIAL SERVICES IN HANDLING STREET CHILDREN AND HOMEMAN BEGGERS IN MAKASSAR CITY REGION


Ramadhani, Tisa (2023) OPTIMALISASI PERAN DINAS SOSIAL DALAM PENANGANAN ANAK JALANAN DAN GELANDANGAN PENGEMIS DI WILAYAH KOTA MAKASSAR = OPTIMIZATION OF THE ROLE OF SOCIAL SERVICES IN HANDLING STREET CHILDREN AND HOMEMAN BEGGERS IN MAKASSAR CITY REGION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191070_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191070_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191070_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191070_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Adanya penurunan angka gepeng di Kota Makassar tentu adanya upaya dari pemerintah, tetapi adanya sejumlah gepeng di Kota Makassar tentu juga mencerminkan suatu permasalahan yang tidak baik juga, apalagi data tersebut bukan jumlah gepeng keseluruhannya, dan akibatnya sampai saat ini gepeng masih bermunculan di dalam wilayah Kota Makassar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui program kebijakan dinas sosial dalam penanganan Anjal dan Gepeng di Kota Makassar, untuk mengetahui kendala dinas sosial dalam penanganan Anjal dan Gepeng di Kota Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif berupa penelitian lapangan (field research), Penelitian ini akan difokuskan pada “Optimalisasi Dinas Sosial dalam Penanganan Anjal dan Gepeng di Kota Makassar” yang objek utamanya merupakan anjal dan gepeng yang ada di Kota Makassar”. Hasil dari penelitian ini pembinaan oleh Dinas Sosial Kota Makassar untuk menangani anak jalanan di kota Makassar atau untuk mengekang tumbuh kembangnya, ada tahapan pembinaan daripada bertindak langsung pada objek yang merupakan anak jalanan itu sendiri. Salah satu tahapan pengembangannya adalah pembinaan pencegahan. Pembinaan pencegahan sendiri merupakan bentuk penyuluhan pertama yang diberikan oleh Dinas Sosial Kota Makassar dengan tujuan untuk mencegah komplikasi masalah yang ditimbulkan oleh anak jalanan serta perkembangan dan perluasan penyebarannya. Kesimpulan penelitian ini ialah untuk mengoptimalkan penanganan anak jalanan gelandangan dan pengemis, hasil yang dicapai sudah baik namun belum sepenuhnya terealisasi dengan sempurna dan optimal secara keseluruhan dikarenakan masih ada beberapa kendala.

Kata Kunci: Optimalisasi, Anak jalanan dan Gepeng, Program, Dinas Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimization, Street children and sprawl, Program, Social Service
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:08
Last Modified: 06 Mar 2024 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30037

Actions (login required)

View Item
View Item