ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI SENTUH TANAHKU DALAM PENERBITAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF E-GOVERNMENT IMPLEMENTATION THROUGH THE TOUCH LAND APPLICATION IN ISSUING LAND CERTIFICATES AT THE MAKASSAR CITY LAND OFFICE


Paradigma, A. Muh. Farid (2023) ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI SENTUH TANAHKU DALAM PENERBITAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF E-GOVERNMENT IMPLEMENTATION THROUGH THE TOUCH LAND APPLICATION IN ISSUING LAND CERTIFICATES AT THE MAKASSAR CITY LAND OFFICE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191028_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191028_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191028_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191028_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 October 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

A MUH FARID PARADIGMA, Nomor Pokok E051191028. Program Studi Ilmu Pemerintahan, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, menyusun Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan E-Government Melalui Aplikasi Sentuh Tanahku dalam Penerbitan Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kota Makassar” di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Rabinah Yunus, M. Si. dan Dr. Indar Arifin, M. Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan e-Government melalui aplikasi Sentuh Tanahku dalam penerbitan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Makassar.
Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif untuk mengungkapkan data secara deskriptif. Penelitian ini telah dilaksanakan di di Kantor Pertanahan Kota Makassar, pada bulan September hingga Oktober tahun 2022. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur, kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data berbantuan software Nvivo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-Government melalui aplikasi Sentuh Tanahku dapat dilihat dari tiga (3) aspek, yakni dari segi support, yaitu aplikasi Sentuh Tanahku merupakan produk luaran dari Peraturan Menteri Agraria dan tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 Tahun 2017 dalam mendapatkan layanan pertanahan yang dapat diakses dengan lebih cepat, akurat dan aman.
Dari segi capacity, yaitu anggaran operasional aplikasi Sentuh Tanahku tidak termaktub dalam Pagu dan Realisasi Belanja, tetapi secara infrastruktur teknologi informasi penunjang penerapan e-Government di Kantor Pertanahan Kota Makassar sudah mumpuni. Kemudian, Sumber daya manusia di mana pegawai kantor pertanahan kota makassar telah memahami penggunaan layanan secara elektronik melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan untuk mendukung pelaksanaan e-Government khususnya dalam penggunaan layanan elektronik di Kantor Pertanahan Kota Makassar. Oleh karena itu, pegawai Kantor Pertanahan Kota Makassar telah diberikan akun khusus, sehingga hanya memerlukan android untuk mengakses aplikasi Sentuh Tanahku.
Dari segi Value, Memudahkan dalam memberikan informasi kelengkapan berkas, mengelola berkas pemohon untuk penerbitan sertifikat tanah serta adanya efisiensi waktu. Selain itu, membuat oknum-oknum merasa takut untuk melakukan praktik kecurangan ataupun pelanggaran yang dapat merugikan masyarakat, seperti maladministrasi dan lainnya. Sehingga, aplikasi Sentuh Tanahku dapat memaksimalkan implementasi kebijakan pelayanan pertanahan berbasis elektronik. Dengan demikian, penerapan aplikasi Sentuh Tanahku dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik sehingga berdampak dalam mewujudkan good governance.

Keywords : Aplikasi, E-Government, Pemerintahan, Pertanahan, Sentuh Tanahku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Application, E-Government, Government, Land, Touch My
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Mar 2024 05:54
Last Modified: 06 Mar 2024 05:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30034

Actions (login required)

View Item
View Item