Penggunaan Guided Tissue Regeneration pada regenerasi jaringan periodontal = Use of Guided Tissue Regeneration (GTR) in Periodontal Tissue Regeneration


Karimah, Izzah (2023) Penggunaan Guided Tissue Regeneration pada regenerasi jaringan periodontal = Use of Guided Tissue Regeneration (GTR) in Periodontal Tissue Regeneration. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011191007_skripsi_01-12-2022 cover1.png

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011191007_skripsi_01-12-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011191007_skripsi_01-12-2022 dp.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011191007_skripsi_01-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Penyakit periodontal adalah penyakit inflamasi kronis yang mengenai jaringan pendukung gigi, yaitu gingiva, ligamen periodontal, dan tulang alveolar. Hal ini umum terjadi pada populasi di seluruh dunia dan sangat umum pada orang dewasa. Penyakit periodontal yang sering terjadi adalah gingivitis dan periodontitis. Periodontitis adalah penyakit jaringan periodontal yang mempengaruhi jaringan pendukung gigi akibat akumulasi plak. Berdasarkan data dari Riskesdas 2018, penduduk Indonesia yang bermasalah dengan gigi dan mulutnya sebesar 57,6%. Dimana yang menerima perawatan dan pengobatan oleh tenaga medis gigi sebesar 10,2%, sementara yang lainnya 89,2% tidak memperoleh perawatan. Periodontitis menyebabkan kerusakan tulang alveolar di sekitar gigi oleh karena itu diperlukan perawatan komprehensif, kerusakan tulang diperbaiki dengan terapi regenerasi. Salah satu pendekatan bedah yang sering digunakan dan telah terbukti berhasil meningkatkan regenerasi jaringan yaitu metode atau cara guided tissue regeneration (GTR). Tujuan: Memahami prinsip regenerasi jaringan periodontal, prinsip kerja GTR , bahan material yang digunakan pada teknik GTR, mengetahui kombinasi pemakaian GTR dengan bahan regenerasi yang lain serta keberhasilan pemakaian GTR. Metode: Literature Review. Adapun langkahnya yaitu mengumpulkan informasi dari beberapa sumber, melakukan kompilasi data menggunakan metode sintesis informasi dari literatur/jurnal, dan tinjauan literatur. Tinjauan Pustaka: Penyakit peiodontal yang sering terjadi ialah periodontitis, periodontitis menyebabkan kerusakan tulang sehingga memerlukan regenerasi dimana salah satu regenerasi yang dapat dilakukan ialah guided tissue regeneration. Hasil: Dalam tinjaun literature review ini didapatkan hasil bahwa GTR dapat memberikan hasil yang baik untuk meregenerasi jaringan periodontal. Kesimpulan: Guided tissue regeneration (GTR) melibatkan penggunaan membran yang resorbable atau nonresorbable untuk mengeluarkan sel-sel jaringan epitel dan ikat dari permukaan akar selama penyembuhan luka. Hal ini diyakini dapat memfasilitasi regenerasi sementum yang hilang, ligamen periodontal, dan tulang alveolus.

Kata Kunci: regenerasi jaringan periodontal, Guided Tissue Regeneration

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: periodontal tissue regeneration, Guided Tissue Regeneration
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:00
Last Modified: 05 Mar 2024 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29976

Actions (login required)

View Item
View Item