ARTEFAK TULANG PADA SITUS BULU SIPONG 1, KECAMATAN MINASATE’NE, KBUPATEN PANGKEP = Artifacts at Bulu Sipong Site 1, Minasate'ne District, Pangkep Regenc


Prayoga, Kibagus Maulana (2020) ARTEFAK TULANG PADA SITUS BULU SIPONG 1, KECAMATAN MINASATE’NE, KBUPATEN PANGKEP = Artifacts at Bulu Sipong Site 1, Minasate'ne District, Pangkep Regenc. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI, KIBAGUS MAULANA PRAYOGA.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kibagus Maulana Prayoga. Artefak Tulang Pada Situs Bulu Sipong 1,Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkep, dibimbing oleh Drs. Iwan Sumantri, M.A., M.Si. dan Dr. Muhammad Nur. S.S., M.A.Penelitian ini membahas Morfologi dan Teknologi artefak tulang pada Situs Bulu Sipong 1, Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkep. Pembahasan pada penelitian ini terfokus pada Tipe artefak tulang berdasarkan bentuknya serta proses pembuatan pada artefak tulang di Situs Bulu Sipong 1 dan membandingkanya dengan situs lain di Sulawesi Selatan. Usaha untuk mengiterpretasikan morfologi dan teknologi alat tulang dilakukan dengan analisis bentuk dan analisis jejak pembuatan. Hasil analisis dari 74 sampel menunjukkan morfologi artefak tulang terbagi kedalam unipoint, bipoint dan point monofasial, teknologi pembuatan artefak tulang dilakukan dengan pengurangan bahan dengan cara menyerut dan menggosok tulang sehingga menjadi benda yang diinginkan. Hasil dari perbandingan dengan situs lain menunjukan adanya kesamaan dan perbedaan pada morfologi dan teknologi artefak tulang pada Situs Bulu Sipong 1.

Kata kunci: Artefak Tulang, Morfalogi,Teknologi, Bulu Sipong 1, Sulawesi Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bone Artifacts, Morphology, Technology, Bulu Sipong 1, South Sulawesi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:13
Last Modified: 19 Feb 2024 03:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29911

Actions (login required)

View Item
View Item