NILAI PENTING BALLA LOMPOA MAROS DI KABUPATEN MAROS SULAWESI SELATAN = The Significance Values of the Balla Lompoa Maros in the Regency of Maros Sulawesi Selatan


Rasak, Sri Sucjianti (2020) NILAI PENTING BALLA LOMPOA MAROS DI KABUPATEN MAROS SULAWESI SELATAN = The Significance Values of the Balla Lompoa Maros in the Regency of Maros Sulawesi Selatan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Skripsi Sri Sucjiati Rasak.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Sri Sucjiati Rasak. Nilai Penting Balla Lompoa Maros di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Dibimbing oleh Yusriana dan Hasanuddin Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai penting yang terkandung pada Balla Lompoa Maros dan memberi saran pengelolaan berdasarkan nilai penting guna mempertimbangkan saran pengelolaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data pustaka dan data lapangan dengan menggunakan analisis nilai penting Balla Lompoa Maros. Analisis yang dilakukan didasarkan pada UU No. 11 Tahun 2010. Setelah analisis nilai penting, dilanjutkan dengan memberi usulan pengelolaan sebagai rekomendasi staf pengelola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Balla Lompoa Maros merupakan sumberdaya budaya yang patut dilestarikan dan dikelola dengan baik mengingat nilai penting yang dikandungnya. Nilai penting sejarah tergambar dari disebutkannya di Lontara Lapatturiloanga Ri Gowa. Nlai penting ilmu pengetahuan tergambar dari ilmu yang terdapat didalamnya yaitu ilmu arkeologi terkait terkait temuan arkeologis didalamnya, ilmu antropologi terkait upacara adat, ilmu arsitektur terkait tata bangunannya, ilmu sosial terkait hubungan masyarakat dengan Balla Lompoa Maros, dan ilmu sejarah terkait dengan sejarah dan perkembangan Balla Lompoa Maros. Nilai penting kebudayaan tergambar dari nilai estetik terkait detail penataan benda pusaka, nilai etnik terkait dua budaya yang dianut yaitu Bugis-Makassar, nilai publik terkait unsur pariwisata. Nilai penting agama tergambar dari masuknya Balla Lompoa Maros sebagai tatanan kota kuna Islam Kassi Kebo. Nilai pendidikan tergambar dari pelajaran yang didapat jika dijadikan sarana pembelajaran. Rekomendasinya adalah perlu dilakukan penetapan, sosialisasi, pengelolaan administrasi, publikasi dan dokumentasi, pemeliharaan dan penataan.

Kata Kunci : Balla Lompoa Maros, Sumberdaya Budaya, Nilai Penting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Balla Lompoa Maros, Cultural Resources, Significance Value
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:16
Last Modified: 19 Feb 2024 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29906

Actions (login required)

View Item
View Item