ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN STRUCTURED SYSTEM ANALYSIS AND DESIGN METHOD PADA PT RRM = Sales System’s Requirement Analysis using Structured System Analysis and Design Method in PT RRM


Salim, Indah Mutiarasari Utami (2019) ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN STRUCTURED SYSTEM ANALYSIS AND DESIGN METHOD PADA PT RRM = Sales System’s Requirement Analysis using Structured System Analysis and Design Method in PT RRM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI-AKUNTANSI-INDAH MUTIARASARI UTAMI SALIM - Copy.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Analisis Kebutuhan Sistem Penjualan dengan menggunakan Structured System Analysis and Design Method Pada PT RRM Sales System’s Requirement Analysis using Structured System Analysis and Design Method in PT RRM Indah Mutiarasari US Grace T. Pontoh Abdul Rahman Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi pengendalian internal sistem penjualan yang ada pada PT RRM dengan menggunakan Structured System Analysis and Design Method. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dengan melibatkan diri dalam aktivitas sehari-hari perusahaan. Sumber data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan langsung melalui pengamatan dan dokumen-dokumen milik perusahaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan modul analisis kebutuhan dan indikator evaluasi pengendalian internal yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penjualan yang saat ini diterapkan pada PT RRM masih menggunakan prosedur manual dan memiliki pengendalian internal fisik yang belum cukup baik. Terdapat beberapa indikator pengendalian internal yang belum dilakukan atau masih dirasa kurang, terutama pada otorisasi, pengendalian akses, dan pemisahan tugas. Penelitian ini juga menghasilkan lima katalog kebutuhan yang seluruhnya telah terpenuhi pada desain konsep sistem penjualan yang diusulkan, yakni sistem penjualan yang terintegrasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berguna bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasionalnya.

Kata Kunci: sistem penjualan, pengendalian internal, structured system analysis and design method

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sales system, internal control, Structured System Analysis and Design Method
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:58
Last Modified: 19 Feb 2024 01:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29905

Actions (login required)

View Item
View Item