PENGARUH EWOM, ENDORSEMENT DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI MS GLOW MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MAKASSAR = THE INFLUENCE OF EWOM, ENDORSEMENT AND BRAND AWARENESS TO INTEREST IN BUYING MS GLOW THROUGH BRAND IMAGE AS INTERVENING VARIABLES IN MAKASSAR


Zainuddin, Muhammad Shaleh (2023) PENGARUH EWOM, ENDORSEMENT DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI MS GLOW MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MAKASSAR = THE INFLUENCE OF EWOM, ENDORSEMENT AND BRAND AWARENESS TO INTEREST IN BUYING MS GLOW THROUGH BRAND IMAGE AS INTERVENING VARIABLES IN MAKASSAR. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A013201005_disertasi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A013201005_disertasi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A013201005_disertasi_01-08-2023 dp.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A013201005_disertasi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD SHALEH ZAINUDDIN, “Pengaruh EWOM, Endorsement dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Ms Glow Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening di Makassar”. Dibimbing Oleh Indrianty Sudirman, Sumardi, Abdullah Sanusi.
Perkembangan industri kosmetik di Indonesia akhir-akhir ini memberikan dampak yang signifikan bagi para produsen dan pelaku bisnis. Persaingan yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk saling bersaing membuat produk yang diminati konsumen dan menyusun strategi yang tepat dalam memasarkan produk, di antaranya dengan electronic word of mouth (EWOM), endorsement, dan brand awareness yang dapat meningkatkan penjualan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth, Endorsement, dan Brand Awareness terhadap Minat Beli yang dimediasi oleh Brand Image pada Ms Glow di Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkeinginan membeli dan menggunakan produk kosmetik Ms Glow yang berusia minimal 17 tahun. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 192 responden dan dipilih dengan teknik accidental sampling melalui kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Analisis Struktur Momen (AMOS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth dan brand awareness berpengaruh positif signifikan terhadap brand image, variabel endorsement tidak berpengaruh signifikan terhadap brand image dan brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Variabel electronic word of mouth, endorsement, dan brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Brand image sebagai variabel intervening tidak dapat memediasi hubungan antara electronic word of mouth, endorsement, dan brand awareness terhadap minat beli.

Keywords : Electronic Word of Mouth, Endorsement, Brand Awareness, Brand Image, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Endorsement, Brand Awareness, Brand Image, Purchase Intention.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:58
Last Modified: 16 Feb 2024 02:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item
View Item