TINDAK TUTUR EKSPRESIF DAN BENTUK KEKERASAN VERBAL BAHASA BUGIS DALAM KOLOM KOMENTAR TIKTOK @FAATHIRUWU = EXPRESSIVE SPEECH ACTS AND FORM OF BUGIS VERBAL VIOLENCE IN THE TIKTOK COMMENTS COLUMN @FAATHIRUWU


Yuliana, Andi Fitra (2023) TINDAK TUTUR EKSPRESIF DAN BENTUK KEKERASAN VERBAL BAHASA BUGIS DALAM KOLOM KOMENTAR TIKTOK @FAATHIRUWU = EXPRESSIVE SPEECH ACTS AND FORM OF BUGIS VERBAL VIOLENCE IN THE TIKTOK COMMENTS COLUMN @FAATHIRUWU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021181315_skripsi_09-08-2023 caver1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F021181315_skripsi_09-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (946kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F021181315_skripsi_09-08-2023 dp.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F021181315_skripsi_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 October 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Andi Fitra Yuliana, 2023 “Tindak Tutur Ekspresif Dan Bentuk Kekerasan Verbal Bahasa Bugis Dalam Kolom Komentar Tiktok @Faathiruwuu”. Konsultan 1: Prof. Dr. Gusnawaty, M.Hum, Konsultan 2: Dr. Ery Iswary, M.Hum.
Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk mengekspresikan pikiran, gagasan, ide, pesan maupun juga perasaan kepada orang lain sehingga peran bahasa sangatlah erat dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat. Dalam beberapa dekade ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat masyarakat mampu mengakses media sosial dengan sangat mudah sehingga masyarakat mampu mengekspresikan pemikiran, ide dan gagasannya secara luas. Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa kemudahan berekspresi pada media sosial tersebut sering kali mendapatkan reaksi negatif oleh masyarakta dalam bergabai bentuk salah satunya tindak tutur ekspresif dan kekerasan verbal.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah akun media sosial tiktok @Faathiruwuu dengan objek penelitian ini adalah bentuk tindak tutur dan kekerasan verbal yang terdapat pada kolom komentar video akun media sosial tiktok @Faathiruwuu ada pun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik simak dan catat dan teknik studi pustaka, dan data ini dianalisis menggunakan teknik Menyimak kolom komentar yang mengandung unsur tindak tutur ekspresif dan kekerasan verbal, mencatat komentar yang mengandung unsur tindak tutur ekspresif dan kekerasan verbal, menerjemahkan teks, mengelompokan, menganalisis data sesuai rumusan masalah, menganalisis bentuk kekerasan verbal berdasarkan teori lalu mendeskripsikan hasil analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa bentuk tindak tutur yang meliputi tindak tutur ekspresif mengkriti, mengeluh, menyalahkan, memuji dan tindak tutur mengucapkan terimakasih. Selain itupenelitian ini juga menunjukkan terdapat bentuk-bentuk kekerasan verbal seperti, kekerasan verbal menghina, memaki, meremehkan, menuduh dan menentang.

Kata kunci: Tindak tutur, kekerasan verbal, media sosial pada Tiktok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Speech acts, verbal violence, social media on Tiktok.
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:23
Last Modified: 16 Feb 2024 02:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item
View Item