MANTRA BUNGA RIA-RIA PADA MASYARAKAT BONTOA KABUPATEN MAROS: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK = The Ria-Ria Flower Spell on the Bontoa Community in Maros Regency: An Anthropolinguistic Study


Nurhilmah, Nurhilmah (2023) MANTRA BUNGA RIA-RIA PADA MASYARAKAT BONTOA KABUPATEN MAROS: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK = The Ria-Ria Flower Spell on the Bontoa Community in Maros Regency: An Anthropolinguistic Study. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021181011_skripsi_27-09-2023 caver1.jpg

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F021181011_skripsi_27-09-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F021181011_skripsi_27-09-2023 dp.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F021181011_skripsi_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Nurhilmah, 2023. Mantra Bunga Ria-Ria pada Masyarakat Bontoa Kabupaten Maros: Kajian Antropolinguistik (Dibimbing oleh Dr. M. Dalyan Tahir, M.Hum. dan Dr. Sumarlin Rengko HR, S.S., M.Hum)

Bunga Ria-Ria adalah mantra yang diucapkan oleh perempuan untuk menarik perhatian seorang laki-laki yang bertujuan untuk memberi kesan positif kepada orang yang membacanya agar selalu cantik, anggun dan dapat menimbulkan hati yang gembira ketika dipandang oleh orang banyak. Pada masyarakat modern khususnya generasi milenial penggunaan mantra Bunga Ria-Ria sudah mulai ditinggalkan karena adanya beragam produk kecantikan, dan generasi milenial sudah tidak tertarik lagi menggunakan mantra Bunga Ria-Ria. Hal ini terjadi pada masyarakat Desa Tunikamaseang, Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros pengguna atau penutur mantra Bunga Ria-Ria sudah jarang memakainya sehingga eksistensinya dalam masyarakat di anggap memudar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkategorisasi dan menguraikan fungsi mantra Bunga Ria-Ria pada masyarakat Bontoa Kabupaten Maros. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan kajian antropolinguistik. Data tersebut direduksi berdasarkan masalah yang diteliti diikuti dengan penyajian data dan terakhir adalah penyimpulan. Berdasarkan hasil analisis bentuk mantra yang terdiri dari struktur pembuka, isi dan penutup, diperoleh hasil bahwa pada ke 13 data terdapat 12 data yang memiliki semua bentuk struktur mantra, dan terdapat 1 mantra yang hanya memiliki struktur isi dan penutup tanpa pembuka yaitu pada data 2. Fungsi yang ditemukan dalam mantra Bunga Ria-Ria adalah berupa permohonan, harapan dan doa. Permohonan, harapan dan doa penutur mantra tergambar pada klasifikasi fungsi pemakaian mantra Bunga Ria-Ria yakni religius, kecantikan (luar dan dalam), penarik perhatian, kewibawaan, percaya diri, berpikir positif dan harapan.

Kata Kunci: Bentuk, Fungsi, Mantra, Bunga Ria-Ria, Antropolinguistik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Forms, Functions, Spells, Fun Flowers, Anthropolinguistics
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:09
Last Modified: 16 Feb 2024 02:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29858

Actions (login required)

View Item
View Item