Pertumbuhan Harta dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) = Growth and Capital Structure on Profitability with Company Size as a Moderation Variable (Case Study Food and Beverage Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange)


Iriani, Halizah Putri (2023) Pertumbuhan Harta dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) = Growth and Capital Structure on Profitability with Company Size as a Moderation Variable (Case Study Food and Beverage Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012212011_tesis_01-08-2023 caver1.jpg

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012212011_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012212011_tesis_01-08-2023 dp.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012212011_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 October 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pertumbuhan harta dan struktur modal terhadap profitabilitas dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas (1) pertumbuhan harta (X1) yang diukur dengan selisih total aktiva perusahaan saat ini dan periode sebelumnya dan (2) struktur modal (X2) yang diukur dengan rasio debt to equity (DER). Variabel ukuran perusahaan (Z) sebagai variabel moderasi dan profitabilitas (Y) yang diukur dengan return on equity (ROE) sebagai variabel dependen. Populasi utama dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga ditetapkan sepuluh perusahaan yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pengujian regresi berganda moderated regression analysis (MRA) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan harta memiliki dampak positif tidak signifikan terhadap profitabilitas sedangkan struktur modal memiliki dampak negatif namun signifikan terhadap profitabilitas. Hubungan pertumbuhan harta dan profitabilitas perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tidak dipengaruhi oleh ukuran perusahaan. Namun demikian, ukuran perusahaan dapat mempengaruhi struktur modal terhadap profitabilitas.

Keywords : pertumbuhan harta, struktur modal, ukuran perusahaan, profitabilitas

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: growth, capital structure, company size, profitability
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:27
Last Modified: 16 Feb 2024 01:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29843

Actions (login required)

View Item
View Item