ANALISIS PENEREPAN MANAJEMEN RISIKO SEBAGAI PERWUJUDAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN RITEL DI MAKASSAR (STUDI PADA PT HERO SUPERMARKET Tbk) = ANALYSIS OF RISK MANAGEMENT IMPLEMENTATION AS AN EMBODIMENT OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE IN RETAIL COMPANIES IN MAKASSAR (STUDY ON PT HERO SUPERMARKET Tbk)


Fatima, Siti (2023) ANALISIS PENEREPAN MANAJEMEN RISIKO SEBAGAI PERWUJUDAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN RITEL DI MAKASSAR (STUDI PADA PT HERO SUPERMARKET Tbk) = ANALYSIS OF RISK MANAGEMENT IMPLEMENTATION AS AN EMBODIMENT OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE IN RETAIL COMPANIES IN MAKASSAR (STUDY ON PT HERO SUPERMARKET Tbk). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012211025_tesis_27-09-2023 caver1.jpg

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012211025_tesis_27-09-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012211025_tesis_27-09-2023 dp.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012211025_tesis_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh manajemen risiko terhadap perwujudan Good Corporate Governance, (2) Implementasi manajemen risiko dalam mewujudkan Good Corporate Governance pada PT. Hero Supermarket Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan pegawai HERO Supermarket di Kota Makassar khususnya di Jl. Sultan Alauddin yang berjumlah 33. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 Orang.Teknik penyampelan yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampel yaitu metode sampel kuota (quota sampling). Metode analisis data yang digunakan adalah SWOT dilakukan dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, ancaman, khsususnya risiko yang dihadapi, proses identifikasi risko dikembangkan dari 5W1H (what, where, when, who, why & how) dengan cara brainstorming kepada kepada manajemen dan staff HERO. setelah risiko diidentifkasi kemudian mengevaluasi dengan cara melakukan penilaian menggunakan metode analisis matriks terhadap risiko untuk mengetahui besaran tingkat presentasi dari risiko tersebut berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Setelah proses identifikasi dan evaluasi data diperoleh, selanjutnya proses mitigasi risiko yang dilakukan dalam upaya meminimalisir dampak dari suatu kejadian yang berpotensi merugikan atau membahayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Diduga terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan manajemen risiko terhadap perwujudan GCG, (2) Diduga implementasi risiko memiliki pengaruh terhadap perwujudan GCG. Terdapat pengaruh sebesar 67,7%, dimana hasil tersebut berpengaruh positif dan kuat, menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel tersebut sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh para ahli dan penerapan manajemen risiko berdampak pada realisasi.

Keywords : manajemen risiko, risiko, GCG, swot, matriks, ritel HERO

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Risk Management, Risk, GCG, SWOT, Matrix, HERO Retail
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:37
Last Modified: 19 Feb 2024 00:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29837

Actions (login required)

View Item
View Item