Pengaruh Berbagai Jenis Lipid pada Pakan Gel Natural (GELnat) terhadap Daya Tarik, dan Daya Lezat Pakan, serta Bobot Karkas Ikan Lele Dumbo, Clarias gariepinus = The Influence of Various Types of Lipids in Natural Gel Feed (GELnat) on the Attractiveness and Palatability of the Feed, and the Carcass Weight of African Catfish, Clarias gariepinus


Aksa, Adri Adi (2023) Pengaruh Berbagai Jenis Lipid pada Pakan Gel Natural (GELnat) terhadap Daya Tarik, dan Daya Lezat Pakan, serta Bobot Karkas Ikan Lele Dumbo, Clarias gariepinus = The Influence of Various Types of Lipids in Natural Gel Feed (GELnat) on the Attractiveness and Palatability of the Feed, and the Carcass Weight of African Catfish, Clarias gariepinus. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031181312_skripsi_11-10-2023 caver1.jpg

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031181312_skripsi_11-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031181312_skripsi_11-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031181312_skripsi_11-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Adri Adi Aksa. L031 18 1312 “Pengaruh Berbagai Jenis Lipid pada Pakan Gel Natural (GELnat) terhadap Daya Tarik, dan Daya Lezat Pakan, serta Bobot Karkas Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)” dibimbing oleh Edison Saade sebagai Pembimbing Utama dan Haryati Tandipayuk sebagai Pembimbing Pendamping.

Pakan Gel Natural (Gelnat) merupakan pakan buatan dalam bentuk semi basah atau lembab yang dibuat dari beberapa bahan baku berkualitas, terjangkau dan ramah lingkungan. Sebagian besar bahan baku yang digunakan dalam bentuk lumatan. Penggunaan bahan baku berbentuk lumatan mengurangi penggunaan panas dalam proses pembuatannya, sehingga dapat meminimalisir berkurangnya kandungan nutrisi bahan baku yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis lipid pada pakan GELnat yang menghasilkan daya tarik dan daya lezat pakan, serta bobot karkas ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) terbaik. Hewan uji yang digunakan adalah ikan lele dumbo yang diperoleh dari Kelompok Pembudidaya Ikan Bina Perikanan, Bumi Tamalanrea Permai (BTP), Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Ikan lele dumbo dipelihara selama 30 hari menggunakan wadah akuarium berukuran 40 x 30 x 37 cm sebanyak 12 unit dengan masing-masing unit berisi 10 ekor ikan, dan diberikan pakan GELnat 3 kali sehari secara satiasi. Penelitian ini didesain menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan masing-masing 3 kali ulangan dengan rincian perlakuan A: Minyak ikan komersial, B: Minyak jagung, C: Minyak kanola, dan D: Minyak ikan lele (produksi sendiri). Parameter yang diukur adalah daya tarik pakan, daya lezat pakan, dan bobot karkas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan daya tarik rata-rata berkisar 3,60-3,96 cm/detik, daya lezat pakan rata-rata berkisar 33,64 g – 34,88 g, dan bobot karkas rata-rata berkisar 14,21 g – 16,06 g. Hasil analisis sidik ragam (ANOVA) menunjukkan bahwa berbagai jenis lipid pada pakan GELnat tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap daya tarik pakan, daya lezat pakan, dan bobot karkas. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa semua jenis lipid yang digunakan pada pakan GELnat memiliki kualitas yang sama berdasarkan daya tarik dan daya lezat pakan serta bobot karkas ikan lele dumbo (C. gariepinus). Selanjutnya dinyatakan bahwa kualitas minyak ikan lele dumbo yang diproduksi sendiri memiliki kualitas yang sama dengan minyak lain yang diujicobakan.

Kata kunci: bobot karkas, daya lezat pakan, daya tarik pakan, ikan lele, lipid, pakan GELnat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: carcass weight, palatability, attractiveness, catfish, lipids, GELnat feed
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:07
Last Modified: 13 Feb 2024 04:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29790

Actions (login required)

View Item
View Item