ANALISIS PROSES PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR = ANALYSIS OF THE PLANNING PROCESS AT THE COMMUNITY HEALTH CENTER IN THE HEALTH DEPARTMENT OF EAST SERAM DISTRICT


Rachman, Risyal Abdul (2023) ANALISIS PROSES PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR = ANALYSIS OF THE PLANNING PROCESS AT THE COMMUNITY HEALTH CENTER IN THE HEALTH DEPARTMENT OF EAST SERAM DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052211016_tesis_13-10-2023 caver1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052211016_tesis_13-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052211016_tesis_13-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052211016_tesis_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
RISYAL ABDUL RACHMAN. ANALISIS PROSES PERENCANAAN TINGKAT PUSKESMAS DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR (dibimbing oleh Muhammad Alwy Arifin dan Sukri Palutturi)

Perencanaan tingkat puskesmas disusun untuk untuk mengakomodir kebutuhan guna meningkatkan kemampuan dan cakupan pelayanan kesehatan secara terpadu dan terintegrasi dengan permasalahan yang ada di lingkungan kerja Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan tingkat puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) dan telaah dokumen. Penelitian menggunakan triangulasi untuk menjamin dan mencerminkan akurasi informasi yang dikumpulkan. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yaitu 2 orang kepala Puskesmas, 2 orang staf Puskesmas, 2 orang tim perencanaan Puskesmas dan 1 orang Kepala Dinas Kesehatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap persiapan dibentuk tim perencanaan oleh Kepala Puskesmas sebagai tahap awal berpedoman pada peraturan, proses analisis data pada Puskesmas dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu pendataan kinerja Puskesmas dan menggambarkan status kesehatan masyarakat. Kemudian menganalisis permasalahan yang ada pada masyarakat, tahapan rumusan masalah metode digunakan dalam menentukan prioritas masalah dengan berdasarkan prioritas masalah yang urgent kemudian mencari jalan keluar, berdasarkan RUK (Rencana Usulan Kegiatan) membuat POA yang akan digunakan dalam rencana satu tahun Puskesmas, kemudian di kirim ke Dinas dan dikoordinasikan kembali. Saran untuk peneltian ini agar Puskesmas yang ada di Kabupaten Seram Bagian Timur lebih mengoptimalkan penyusunan rencana kegiatan tahunannya.

Kata Kunci : Perencanaan, Puskesmas, Dinas Kesehatan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Planning, Community Health Center, Health Department
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:44
Last Modified: 13 Feb 2024 03:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29778

Actions (login required)

View Item
View Item