Evalusi Program Pa’buritta (Pelayanan TB Untuk Masyarakat Turatea) di Wilayah Kerja Puskesmas Bululoe Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto = Evaluation of the Pa'buritta Program (TB Services for the Turatea Community) in the Working Area of the Bululoe Health Center, Turatea District, Jeneponto Regency


Iskaputri, Annisa (2023) Evalusi Program Pa’buritta (Pelayanan TB Untuk Masyarakat Turatea) di Wilayah Kerja Puskesmas Bululoe Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto = Evaluation of the Pa'buritta Program (TB Services for the Turatea Community) in the Working Area of the Bululoe Health Center, Turatea District, Jeneponto Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052211007_tesis_13-10-2023 caver1.jpg

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052211007_tesis_13-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052211007_tesis_13-10-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052211007_tesis_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pa’buritta merupakan inovasi program yang dibentuk oleh pengelola program Tuberkulosis di wilayah kerja Puskesmas Bululoe. Program ini menerapkan strategi pengendalian TB secara aktif baik dalam penemuan kasus maupun dalam proses pengobatan dengan menerapkan strategi active case finding. Terutama ditujukan untuk mengevaluasi program pa’buritta berdasarkan teori sistem pelayanan kesehatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis isi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Evaluasi program didasarkan pada teori sistem yang terdiri dari tiga variabel utama. Variabel pertama adalah “input” dengan empat subvariabel yaitu sumber daya manusia, anggaran operasional, sarana dan prasarana, dan waktu pelaksanaan. Variabel kedua adalah “proses” dengan tiga subvariabel yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan atau evaluasi. Variabel ketiga adalah “output” dengan dua subvariabel yaitu keberhasilan program dan kepuasan pasien.
Program Pa’buritta mengadopsi konsep yang inovatif dan diharapkan mampu menjawab permasalahan pengendalian TB. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan dalam program ini, terutama dalam hal ketersediaan kader dan anggaran operasional. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut bahwa keberhasilan pengendalian TB tidak hanya bergantung pada sektor kesehatan, tetapi lebih luas lagi memerlukan kerjasama multisektoral dan multidisipliner.

Keywords : Tuberkulosis, Evaluasi Program, Sistem Pelayanan Kesehatan, Input, Proses, Output

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tuberculosis, Program Evaluation, Healthcare System, Input, Process, Output.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Feb 2024 14:50
Last Modified: 05 Feb 2024 14:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29767

Actions (login required)

View Item
View Item