PERBANDINGAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN JUST IN TIME (Studi Kasus Pada PT. Harapan Jaya Multi Bisnis) = Comparation of Cost Production Efficiency Before and After Implementation of Just In Time (Case Study at PT. Harapan Jaya Multi Bisnis)


Kalo, Noer Anandytha (2020) PERBANDINGAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN JUST IN TIME (Studi Kasus Pada PT. Harapan Jaya Multi Bisnis) = Comparation of Cost Production Efficiency Before and After Implementation of Just In Time (Case Study at PT. Harapan Jaya Multi Bisnis). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI NOER ANANDYTHA KALO A31115739 - Copy.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Perbandingan Efisiensi Biaya Produksi Sebelum dan Sesudah Penerapan Just In Time (Studi Kasus pada PT. Harapan Jaya Multi Bisnis) Comparation of Cost Production Efficiency Before and After Implementation of Just In Time (Case Study at PT. Harapan Jaya Multi Bisnis) Noer Anandytha Kalo Nurleni Nirwana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode Just In Time terhadap efisiensi biaya produksi dengan melakukan analisis perbandingan efisiensi biaya produksi sebelum dan sesudah penerapan Just In Time. Periode penelitian ini menggunakan 12 bulan di tahun 2014 dan 6 bulan di tahun 2015 menjadi periode sebelum penerapan Just In Time dan 12 bulan di tahun 2016 dan 6 bulan di tahun 2017 menjadi periode sesudah penerapan just in time, sehingga dalam menganalisis efisiensi biaya produksi menggunakan laporan keuangan bulanan. Hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov menunjukkan data berdistribusi normal sehingga metode analisis yang digunakan adalah uji Paired Sample T-Test dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 18 (delapanbelas) data berpasangan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT.Harapan Jaya Multi Bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efisiensi biaya produksi sebelum dan sesudah penerapan Just In Time.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cost production efficiency, Just In Time (JIT)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 06 Feb 2024 05:15
Last Modified: 06 Feb 2024 05:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29752

Actions (login required)

View Item
View Item