Musdalifah, Musdalifah (2023) PENGARUH ELEKTRONIK MODUL TENTANG PEMASANGAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM (AKDR) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DIII KEBIDANAN = THE INFLUENCE OF ELECTRONIC MODULES ABOUT INSTALLATION OF IUD CONTRACEPTIVES USING SELF-REGULATED LEARNING TO IMPROVE STUDY SKILLS OF DIII MIDWIFERY STUDENTS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/29740/1.hassmallThumbnailVersion/P102211044_tesis_27-09-2023%20cover1.png)

P102211044_tesis_27-09-2023 cover1.png
Download (192kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
P102211044_tesis_27-09-2023 1-2.pdf
Download (622kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
P102211044_tesis_27-09-2023 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
P102211044_tesis_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until January 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
MUSDALIFAH. Pengaruh Modul Elektronik Pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR/IUD) Dengan Metode belajar mandiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan (dibimbing oleh Andi Nilawati Usman dan Aryadi Arsyad).Tujuan penelitian, mengetahui kemampuan e-modul dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa DIII kebidanan. Metode, Quasi Eksperimen dengan rancangan pre-post test kontrol intervensi grup design. Populasi seluruh mahasiswa DIII kebidanan tingkat II di Institusi Ilmu Kesehatan Pelamonia. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Jumlah sampel sebanyak 72 mahasiswa DIII kebidanan tingkat II. Kelompok intervensi berjumlah 36 mahasiswa dan kelompok kontrol berjumlah 36 mahasiswa. Sebelum diberikan intervensi dilakukan pretest keterampilan dengan menggunakan daftar tilik. Data analisis dengan menggunakan uji statistik uji wilcoxon. Hasil, Dari hasil uji statistik yang di lakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi menunjukkan masing-masing perlakukan yaitu pemberian modul cetak dan modul elektronik nilai p=0.000 yang berarti efektif dan memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan responden. Sedangkan menggunakan uji mann withney antar kelompok kontrol dan kelompok intervensi di dapatkan nilai p=0.000 < α=0.05 yang berarti bahwa secara statistik menunjukkan bahwa kelompok intervensi dan kelompok kontrol memiliki perbedaan peningkatan skor, dan kelompok intervensi memiliki peningkatan nilai yang lebih tinggi di bandingkan kelompok kontrol.
Kata Kunci: Elektronik modul, alat kontrasepsi bawah rahim, belajar mandiri, keterampilan
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic module, intrauterine contraception devices, self-learning, skills |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:58 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:58 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29740 |