KAJIAN PERTUMBUHAN DAN KUALITAS RUMPUT LAUT Caulerpa sp. YANG DIBUDIDAYAKAN PADA KEDALAMAN DAN JARAK TANAM BERBEDA;KAJIAN PROSPEK PENGEMBANGAN BUDIDAYA = THE STUDY OF THE GROWTH AND QUALITY OF SEAWEED Caulerpa sp. CULTIVATED ON DIFFERENT PLANTING DISTANCES AND DEPTHS; STUDY OF THE PROSPECTS OF AQUACULTURE DEVELOPMENT


Darmawati, Darmawati (2017) KAJIAN PERTUMBUHAN DAN KUALITAS RUMPUT LAUT Caulerpa sp. YANG DIBUDIDAYAKAN PADA KEDALAMAN DAN JARAK TANAM BERBEDA;KAJIAN PROSPEK PENGEMBANGAN BUDIDAYA = THE STUDY OF THE GROWTH AND QUALITY OF SEAWEED Caulerpa sp. CULTIVATED ON DIFFERENT PLANTING DISTANCES AND DEPTHS; STUDY OF THE PROSPECTS OF AQUACULTURE DEVELOPMENT. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Darmawati - S3 Pertanian.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kajian pertumbuhan dan kualitas Caulerpe Sp yang dibudidayakan pada kedalaman air dan Jarak Tanam Berbeda; Kajian Prospek Pengembangan Budidaya (dibimbing oleh Andi Niartiningsih, Rajuddin Syamsuddin dan Jamaluddin Jompa). Penelitian ini bertujuan menganalisis pertumbuhan dan produksi Caulerpa sp yang dibudidayakan pada kedalaman air dan jarak tanam berbeda, menganalisis kandungan nutrisi Caulerpa sp hasil budidaya pada kedalaman air dan jarak tanam dengan umur berbeda dan mengkaji prospek pengembangan budidaya Caulerpa sp secara bioekologis di lingkungan laut. Penelitian budidaya Caulerpa sp dilaksanakan di perairan Desa Laguruda Kabupaten Takalar, Propinsi Sulawesi Selatan dengan titik koordinat spot penelitian S: 05o26’07,9” dan E: 119o22’29,9”. Metode penelitian dengan system tali tunggal apung (floating monoline method), didesain dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri atas dua faktor yaitu jarak tanam per titik rumpun yaitu 20, 30 dan 40 cm dengan kedalaman berbeda: 50, 100 dan 150cm dari permukaan air. Uji kualitas Caulerpa sp dilaksanakan di Laboratorium Produktifitas dan Kualitas Perairan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan serta Laboratorium Nutrisi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin. meliputi: kadar protein, serat kasar, kadar air, kadar abu, lemak, karbohidrat, dan kadar karotenoid. Peubah yang diamati adalah pertumbuhan, produksi dan kualitas Caulerpa sp. Selanjutnya dilakukan analisis Varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan produksi Caulerpa sp yang terbaik didapatkan pada jarak tanam 30 cm dengan kedalaman tanam 50 cm. Rumput laut Caulerpa sp hasil budidaya didapatkan kadar protein, kadar serat kasar, kadar karbohidrat dan kadar karotenoid yang optimal pada jarak tanam 30 cm dengan kedalaman 50 cm. Kadar protein, kadar serat kasar, kadar karbohidrat dan kadar karotenoid menurun seiring dengan bertambahnya kedalaman tanam. Kadar air dan kadar abu meningkat dengan bertambahnya kedalaman tanam. Kadar lemak bersifat fluktuatif. Umur panen mempengaruhi kualitas Caulerpa sp, sebaiknya dipanen pada umur 35 hari. Hasil analisis parameter kualitas air menunjukkan bahwa budidaya Caulerpa sp layak dibudidaya secara bioekologis di lingkungan laut.

Kata kunci: Caulerpa sp, jarak tanam, kedalaman, kualitas , pertumbuhan, produksi

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Caulerpa Sp, Planting disease, Dept, Quality, Growth, Production
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Pertanian
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 03 Feb 2024 15:10
Last Modified: 03 Feb 2024 15:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29712

Actions (login required)

View Item
View Item