PENGARUH LAMA PERENDAMAN BENIH DAN KONSENTRASI PENYIRAMAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTER AKAR KATANG-KATANG (Ipomea pes-caprae) TERHADAP PERTUMBUHAN AWAL KAKAO (Theobroma cacao L.)


Purnama, Ika Ratih Yuli (2020) PENGARUH LAMA PERENDAMAN BENIH DAN KONSENTRASI PENYIRAMAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTER AKAR KATANG-KATANG (Ipomea pes-caprae) TERHADAP PERTUMBUHAN AWAL KAKAO (Theobroma cacao L.). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
2020-01-27_Ika Ratih Yuli Purnama_Pengaruh Lama Perendaman Benih dan Konsentrasi Penyiraman PGPR Terhadap Pertumbuhan Awa~1.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

IKA RATIH YULI PURNAMA (G111 16 340). Pengaruh Lama Perendaman Benih dan Konsentrasi Penyiraman Plant Growth Promoting Rhizobacter Akar Katang-Katang (Ipomea pes-caprae) terhadap Pertumbuhan Awal Kakao (Theobroma cacao L.). Dibimbing oleh ABDUL MOLLAH dan ABD HARIS BAHRUN.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari perlakuan lama perendaman benih kakao dan konsentrasi penyiraman plant growth promoting rhizobacter akar katang-katang (Ipomea pes-caprae) terhadap pertumbuhan awal kakao (Theobroma cacao L.). Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Gantarangkeke, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan yang berlangsung sejak bulan Agustus-Oktober 2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk rancangan faktorial dua faktor (RF2F) dengan rancangan acak kelompok (RAK). Lama perendaman benih kakao sebagai faktor pertama yang terdiri atas 4 taraf yaitu : 0 menit, 5 menit, 10 menit dan 15 menit dan konsentrasi penyiraman PGPR dari akar katang-katang sebagai faktor kedua yang terdiri atas 5 taraf yaitu: 0 mL/L, 5 mL/L, 10 mL/L, 15 mL/L, dan 20 mL/L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan lama perendaman benih selama 10 menit dan 15 menit memberikan pengaruh nyata terhadap daya kecambah yaitu 100%, kecepatan tumbuh benih yaitu 7,14% peretmal, dan persentase benih abnormal yaitu 0%. Perlakuan lama perendaman benih dan konsentrasi penyiraman PGPR akar katang-katang yang memberikan pengaruh terbaik adalah perlakuan konsentrasi penyiraman 5 mL/L yaitu pada parameter diameter batang (3,85 mm), panjang akar (21,43 cm), bobot kering tanaman (1,45 gram), bobot kering akar (0,28 gram) dan rasio tajuk akar (6,11). Interaksi yang memberikan pengaruh terbaik adalah perlakuan lama perendaman benih selama 15 menit dan konsentrasi penyiraman 10 mL/L yaitu pada arameter jumlah daun (8, 00 helai) dan rasio tajuk akar (6,11).

Kata kunci : Kakao, Katang-katang, Perendaman, Penyiraman, PGPR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:42
Last Modified: 01 Feb 2024 02:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29675

Actions (login required)

View Item
View Item