Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kejadian Dermatitis Kontak Akibat Kerja (DKAK) Pada Pekerja Usaha Rumput Laut di Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan = Factors Associated with the Incidence of Occupational Contact Dermatitis (DKAK) in Seaweed Business Workers in Nunukan Selatan District Nunukan Regency


Wahyuni, Wahyuni (2023) Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kejadian Dermatitis Kontak Akibat Kerja (DKAK) Pada Pekerja Usaha Rumput Laut di Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan = Factors Associated with the Incidence of Occupational Contact Dermatitis (DKAK) in Seaweed Business Workers in Nunukan Selatan District Nunukan Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191016_skripsi_13-10-2023 caver1.jpg

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191016_skripsi_13-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011191016_skripsi_13-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011191016_skripsi_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki potensi perairan yang besar. Salah satu komoditas unggulan dalam sektor kelautan di Indonesia adalah rumput laut. Dalam setiap tahapan budidaya rumput laut terdapat risiko para pekerja rumput laut mengalami dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan respon dari kulit dalam bentuk peradangan yang bisa bersifat akut maupun kronik yang dikarenakan pajanan dari bahan iritan maupun alergen eksternal.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain studi cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian dermatitis kontak akibat kerja pada pekerja usaha rumput laut di Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan. Sampel berjumlah 100 orang yang pengambilannya menggunakan teknik purposive sampling. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan program SPSS. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil analisis uji chi square menunjukkan terdapat hubungan antara faktor usia (p=0,011) dengan kejadian dermatitis kontak, masa kerja (p=0,033) dengan kejadian dermatitis kontak, personal hygiene non APD (p=0,010) dengan kejadian dermatitis kontak. Tidak ditemukan hubungan antara faktor jenis kelamin (p=0,960) dengan kejadian dermatitis kontak, lama kontak (p=0,645) dengan kejadian dermatitis kontak, dan penggunaan sarung tangan (p=0,188) dengan kejadian dermatitis kontak.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara usia, masa kerja, dan personal hygiene non APD dengan kejadian dermatitis kontak pada pekerja rumput laut di Kecamatan Nunukan Selatan. Saran penelitian ini yaitu pekerja rumput laut agar menggunakan sarung tangan saat kerja dan melakukan kebersihan setelah bekerja. Kepada pemerintah setempat disarankan agar rutin mengawasi, melakukan upaya pencegahan dan penyuluhan terkait dermatitis kontak akibat kerja pada pekerja. Bagi peneliti selanjutnya diharapakan agar dalam penentuan diagnosis dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan menambah variabel ketahanan tubuh seseorang.

Keywords : Dermatitis Kontak, Rumput Laut, Nunukan Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contact Dermatitis, Seaweed, South Nunukan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:56
Last Modified: 30 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29652

Actions (login required)

View Item
View Item