PENGARUH BERBAGAI JENIS MINYAK PADA PAKAN GEL NATURAL (GELnat) TERHADAP KONSUMSI PAKAN HARIAN, RASIO EFISIENSI PROTEIN DAN KOMPOSISI NUTRISI TUBUH IKAN LELE DUMBO, (Clarias gariepinus) = The Effect of Various Types of Oils in Natural Gel Feed (GELnat) on Daily Feed Consumption, Protein Efficiency Ratio and Body Nutrition Composition of Dumbo Catfish Clarias gariepinus


Khaedar, Amryati (2023) PENGARUH BERBAGAI JENIS MINYAK PADA PAKAN GEL NATURAL (GELnat) TERHADAP KONSUMSI PAKAN HARIAN, RASIO EFISIENSI PROTEIN DAN KOMPOSISI NUTRISI TUBUH IKAN LELE DUMBO, (Clarias gariepinus) = The Effect of Various Types of Oils in Natural Gel Feed (GELnat) on Daily Feed Consumption, Protein Efficiency Ratio and Body Nutrition Composition of Dumbo Catfish Clarias gariepinus. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031181029_skripsi_11-10-2023 caver1.jpg

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031181029_skripsi_11-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031181029_skripsi_11-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031181029_skripsi_11-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 October 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Amryati Khaedar. L031 18 1029 “Pengaruh Berbagai Jenis Minyak pada Pakan Gel Natural (GELnat) terhadap Konsumsi Pakan Harian, Rasio Efisiensi Protein dan Komposisi Nutrisi Tubuh Ikan Lele Dumbo Clarias gariepinus” dibimbing oleh Edison Saade sebagai Pembimbing Utama dan Haryati Tandipayuk sebagai Pembimbing Pendamping.
Pakan GELnat merupakan pakan buatan tipe puding dalam bentuk lumatan yang dibuat dari bahan baku rumput laut sebagai sumber nutrisi serta bahan pengental. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis lipid (minyak) pada pakan GELnat terhadap konsumsi pakan, rasio efisiensi protein dan komposisi kimia tubuh ikan lele dumbo. Penelitian ini dilaksanakan di Hatchery dan Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar. Hewan uji yang digunakan adalah ikan lele dumbo yang diperoleh dari Bina Perikanan, Bumi Tamalanrea Permai, Makassar. Ikan lele dumbo dipelihara menggunakan wadah akuarium berukuran 40 x 30 x 37 cm sebanyak 12 unit dengan masing-masing unit berisi 10 ekor ikan dan pakan GELnat diberi 3 kali sehari dengan metode satiasi. Penelitian ini didesain menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan masing-masing 3 ulangan dengan rincian perlakuan A : Minyak ikan, B : Minyak jagung, C : Minyak kanola dan D : Minyak ikan lele. Parameter yang diukur ialah konsumsi pakan, rasio efisiensi protein dan komposisi kimia tubuh. Hasil analisis ragam (ANOVA) menunjukkan bahwa berbagai jenis lipid pada pakan GELnat berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap komposisi kimia tubuh ikan lele dumbo dan tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap konsumsi pakan dan rasio efisiensi protein. Komposisi kimia tubuh ikan lele dumbo pada kandungan protein rata-rata tertinggi diperoleh pada perlakuan D dan C, kandungan lemak rata- rata tertinggi diperoleh pada perlakuan B, A dan D sedangkan kandungan karbohidrat rata-rata tertinggi diperoleh pada perlakuan A dan B. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pada penggunaan minyak sebagai salah satu bahan baku pakan GELnat ikan lele dumbo dapat menggunakan jenis lipid hewani berupa minyak ikan komersial karena mudah ditemukan dan harga terjangkau.

Keywords : ikan lele dumbo, konsumsi pakan, komposisi kimia tubuh, lipid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dumbo catfish, feed consumption, body chemical compositios, lipid
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:02
Last Modified: 30 Jan 2024 07:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29623

Actions (login required)

View Item
View Item