Implementasi Prinsip-Prinsip penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Polewali Mandar = Implementation of the Principles for the preparation of the Regional Medium-Term Development Plan (RPJMD) in Polewali Mandar


Najib, Adyan (2020) Implementasi Prinsip-Prinsip penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Polewali Mandar = Implementation of the Principles for the preparation of the Regional Medium-Term Development Plan (RPJMD) in Polewali Mandar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Adyan Najib Skripsi.pdf

Download (12MB)

Abstract (Abstrak)

ADYAN NAJIB, Nomor Pokok E12113327, Departemen Imu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Menyususn skripsi dengan judul : ““Implementasi Prinsip-Prinsip penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Polewali Mandar”, dibawah bimbingan Prof.Dr.H. Juanda Nawawi, M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. A.M.Rusli, M.Si sebagai pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Prinsip-Prinsip penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2019-2024 Kabupaten Polewali Mandar serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi prinsip-prinsip penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2019-2024 Kabupaten Polewali Mandar tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu suatu analisis yang berusaha mencari hubungan dan makna dari data yang dinyatakan dalam bentuk pernyataan-pernyataan, tafsiran-tafsiran setelah menggali informasi dari para informan yang selanjutkan dideskripsikan dan diinterpretasi serta disimpulkan sebagai jawaban dari masalah pokok yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan penelusuran data secara online.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Implementasi Prinsip-Prinsip penyusunan Rencana Pembangugan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 di Kabupaten Polewali Mandar telah dilaksanakan dan menjadi acuan Pemerintah Daerah Polewali mandar utama dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024. Terdapat 14 prinsip yang tertuang di pasal 4-6 dalam Permendagri no.86 tahun 2017. Adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2019-2024 Kabupaten Polewali Mandar adalah faktor pendukung dan faktor penghambat. Pertama, faktor pendukung pelaksanaan RPJMD tersebut adalah adanya profesionalitas dan kolaborasi dari setiap SKPD. Periode kedua bupati terpilih juga memudahkan proses penyusunan RPJMD ini. Kedua, faktor penghambat pelaksanaan RPJMD tersebut adalah masih kurang proses Partisipatif dalam penyusunan RPJMD ini.

Kata Kunci : Implementasi, Prinsip-Prinsip penyusunan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah
Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Principles of drafting, Regional Medium-Term Development Plan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 03 Feb 2024 15:29
Last Modified: 03 Feb 2024 15:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29613

Actions (login required)

View Item
View Item