Ntune, Nur Alfiyanti (2023) Gambaran Tingkat Stres dan Strategi Koping Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
R011191093_skripsi_15-08-2023 caver1.jpg
Download (201kB) | Preview
R011191093_skripsi_15-08-2023 bab 1-2.pdf
Download (407kB)
R011191093_skripsi_15-08-2023 dp.pdf
Download (1MB)
R011191093_skripsi_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Nur Alfiyanti Ntune. R011191093. GAMBARAN TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Dibimbing oleh Arnis Puspitha R dan Syahrul Ningrat.
Latar Belakang: Stres adalah suatu perasaan yang dirasakan oleh seseorang ketika berada disituasi yang tertekan.Mahasiswa merupakan salah satu golongan yang sering mengalami stres, perbedaan tahun pendidikan menimbulkan stres yang berbeda-beda. Dalam beradaptasi dengan keadaan yang menyebabkan stres, salah satu yang bisa menjadi cara untuk mengendalikan stres yaitu biasa disebut dengan strategi koping.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat stres dan strategi koping mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin.
Metode: Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling pada 350 mahasiswa Kuesioner yang digunakan adalah DASS-21 dan Brief-Cope.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden mengalami tingkat stres sangat berat berjumlah 139 orang atau sebesar (39,7%) dan mayoritas mahasiswa menggunakan koping adaptif berjumlah 198 atau sebesar (56.6%).
Kesimpulan dan Saran: Gambaran tingkat stres dan strategi koping mahasiswa mayoritas mengalami stres sengat berat dan menggunakan koping adaptif. Diharapkan institusi pendidikan agar lebih memperhatikan kemungkinan terjadinya stres pada mahasiswa, melihat pentingnya ilmu pengetahuan tentang dampak stres pada mahasiswa. untuk tenaga pendidik diharapkan senantiasa memperhatikan kondisi fisik, terlebih kondisi psikologis mahasiswa. Diharapkan juga mahasiswa mampu mengenali diri sendiri, beradaptasi dengan lingkungan serta bisa lebih baik dalam mengatur waktu dan mahasiswa bisa lebih terbuka dalam konsultasi dengan dosen pendamping akademik, agar dosen pendamping akademik bisa memberikan masukan yang baik untuk mengatasi stres yang dialami oleh mahasiswa. Selain itu di harapkan kepada peneliti selanjutnya dapat memfokuskan pada hubungan dan faktor-faktor yang mempengaruhi stres pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 06:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 06:05 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29611 |