GAMBARAN TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN


NTUNE, NUR ALFIYANTI (2023) GAMBARAN TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
R011191093.png

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of R011191093_skripsi_15-08-2023 bab 1-2.pdf] Text
R011191093_skripsi_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of R011191093_skripsi_15-08-2023 dp.pdf] Text
R011191093_skripsi_15-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of R011191093_skripsi_15-08-2023.pdf] Text
R011191093_skripsi_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Stres adalah suatu perasaan yang dirasakan oleh seseorang ketika
berada disituasi yang tertekan.Mahasiswa merupakan salah satu golongan yang
sering mengalami stres, perbedaan tahun pendidikan menimbulkan stres yang
berbeda-beda. Dalam beradaptasi dengan keadaan yang menyebabkan stres, salah
satu yang bisa menjadi cara untuk mengendalikan stres yaitu biasa disebut dengan
strategi koping.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat stres dan strategi koping mahasiswa
Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin.
Metode: Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan yaitu non probability
sampling dengan teknik purposive sampling pada 350 mahasiswa Kuesioner yang
digunakan adalah DASS-21 dan Brief-Cope.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden
mengalami tingkat stres sangat berat berjumlah 139 orang atau sebesar (39,7%) dan
mayoritas mahasiswa menggunakan koping adaptif berjumlah 198 atau sebesar
(56.6%).
Kesimpulan dan Saran: Gambaran tingkat stres dan strategi koping mahasiswa
mayoritas mengalami stres sengat berat dan menggunakan koping adaptif.
Diharapkan institusi pendidikan agar lebih memperhatikan kemungkinan terjadinya
stres pada mahasiswa, melihat pentingnya ilmu pengetahuan tentang dampak stres
pada mahasiswa. untuk tenaga pendidik diharapkan senantiasa memperhatikan
kondisi fisik, terlebih kondisi psikologis mahasiswa. Diharapkan juga mahasiswa
mampu mengenali diri sendiri, beradaptasi dengan lingkungan serta bisa lebih baik
dalam mengatur waktu dan mahasiswa bisa lebih terbuka dalam konsultasi dengan
dosen pendamping akademik, agar dosen pendamping akademik bisa memberikan
masukan yang baik untuk mengatasi stres yang dialami oleh mahasiswa. Selain itu
di harapkan kepada peneliti selanjutnya dapat memfokuskan pada hubungan dan
faktor-faktor yang mempengaruhi stres pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:02
Last Modified: 30 Jan 2024 06:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29609

Actions (login required)

View Item
View Item