PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MENTORSHIP TERHADAP KETERAMPILAN PERAWATAN IBU NIFAS PADA MAHASISWA DIII KEBIDANAN DI RUMAH SAKIT UMUM AL-FATAH AMBON


Sari, Irma Ika (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MENTORSHIP TERHADAP KETERAMPILAN PERAWATAN IBU NIFAS PADA MAHASISWA DIII KEBIDANAN DI RUMAH SAKIT UMUM AL-FATAH AMBON. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of P102201005_tesis_27-09-2023 cover1.png]
Preview
Image
P102201005_tesis_27-09-2023 cover1.png

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of P102201005_tesis_27-09-2023 1-2.pdf] Text
P102201005_tesis_27-09-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of P102201005_tesis_27-09-2023 dp.pdf] Text
P102201005_tesis_27-09-2023 dp.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of P102201005_tesis_27-09-2023.pdf] Text
P102201005_tesis_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

IRMA IKA SARI. Pengaruh Metode Pembelajaran Mentorship Terhadap Keterampilan Perawatan Ibu Nifas Pada Mahasiswi DIII Kebidanan (dibimbing oleh Amir Mahmud Hafsa dan Werna Nontji).
Tujuan: Mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Mentorship Terhadap Keterampilan Perawatan Ibu Nifas Pada Mahasiswa DIII Kebidanan. Metode: Jenis penelitian Eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian Pra Eksperimental (one group pretest-posttest design). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 38 responden mahasiswa, yang dilaksanakan di RSU AL-Fatah Ambon pada bulan Maret-Mei 2023. Analisis data dengan menggunakan uji statistik uji wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh perawatan payudara pre-test awal 39,5%, tahap I pre-test 44,74% post-test 47,4%, tahap II pre-test 52,63% post-test 55,3%, tahap III pre-test 73,68% post-test 76,3%, tahap IV pre-test 94,74% post-test 97,34% dan post-test akhir 100% dengan nilai p=0,000<0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran mentorship terhadap keterampilan perawatan payudara, teknik menyusui pre-test awal 31,6%, tahap I pre-test 36,84% post-test 47,4%, tahap II pre-test 50% post-test 60,5%, tahap III pre-test 63,16% post-test 81,6%, tahap IV pre-test 86,84% post-test 97,4% dan post-test akhir didapatkan 100% dengan nilai p=0,000<0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran mentorship terhadap keterampilan Teknik menyusui, perawatan perineum pre-test awal 39,5%, tahap I pre-test 44,74% post-test 47,4%, tahap II pre-test 52,63% post-test 55,3%, tahap III pre-test 73,68% post-test 76,3%, tahap IV pre-test 94,74% post-test 97,34% dan post-test akhir 100% dengan nilai p=0,000<0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran mentorship terhadap keterampilan perawatan perineum. Kesimpulan ada pengaruh metode pembelajaran mentorship terhadap keterampilan mahasiswa dalam perawatan payudara, teknik menyusui dan perawatan perineum

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:07
Last Modified: 25 Jan 2024 03:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29595

Actions (login required)

View Item
View Item