PENGARUH PENGGUNAAN RAS (Recirculating Aquaculture System) TERHADAP SINTASAN BENIH RAJUNGAN (Portunus pelagicus) = The Influence of the Use of RAS (Recirculating Aquaculture System) Against the Savings of Small Swimming Seed (Portunus pelagicus).


NURKAMILAH, BESSE TENRI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN RAS (Recirculating Aquaculture System) TERHADAP SINTASAN BENIH RAJUNGAN (Portunus pelagicus) = The Influence of the Use of RAS (Recirculating Aquaculture System) Against the Savings of Small Swimming Seed (Portunus pelagicus). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Skripsi Besse Tenri Nurkamilah (CD).pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Besse Tenri Nurkamilah, L22116501. Pengaruh Penggunaan RAS (Recirculating Aquaculture System) Terhadap Sintasan Benih Rajungan (Portunus pelagicus).Dibawah bimbingan Yushinta Fujaya sebagai Pembimbing Utama dan Andi Aliah Hidayani sebagai Pembimbing Anggota. Recirculating Aquaculture Systems (RAS) adalah sebuah sistem produksi perikanan yang mengolah kembali air yang digunakan agar memenuhi syarat kualitas air untuk kegiatan budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penggunaan RAS (Recirculating Aquaculture System) terhadap sintasan benih rajungan (Portunus pelagicus) pada fase crablet. Penelitian dilaksanakan ini di Desa Bojo Kabupaten Barru pada bulan Oktober sampai Maret 2020 yang bertempat di Hatchery Kepiting Universitas Hasanuddin. Hewan uji yang digunakan adalah benih (crablet) rajungan (Porturnus pelagicus). Wadah penelitian yang digunakan yaitu 4 buah bak fiber ukuran 1000 liter, 2 bak fiber untuk wadah hewan uji yang menggunakan sistem resirkulasi (RAS) dan 2 bak fiber sebagai wadah hewan uji yang tidak menggunakan sistem resirkulasi (NON RAS). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan 2 taraf perlakuan dan 2 ulangan, perlakuan yaitu RAS dan NON RAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan RAS (Recirculating Aquaculture System) tidak memiliki pengaruh terhadapsintasan benih rajungan (Portunus pelagicus).

Kata kunci : Benih, P. pelagicus, RAS, sintasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Budidaya Perikanan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:04
Last Modified: 31 Jan 2024 00:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29582

Actions (login required)

View Item
View Item