PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK GERGAJI KAYU JATI PUTIH (Gmelina arborea Roxb.) SEBAGAI PLASTIK = BIODEGRADABLE UTILIZATION OF WHITE TEAK SAWDUST WASTE (Gmelina arborea Roxb.) AS BIODEGRADABLE PLASTIC


Amiruddin, Achmad (2020) PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK GERGAJI KAYU JATI PUTIH (Gmelina arborea Roxb.) SEBAGAI PLASTIK = BIODEGRADABLE UTILIZATION OF WHITE TEAK SAWDUST WASTE (Gmelina arborea Roxb.) AS BIODEGRADABLE PLASTIC. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Tesis Achmad Amiruddin (P032181017) PLH Pasca Unhas.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ACHMAD AMIRUDDIN. Pemanfaatan Limbah Serbuk Gergaji Kayu Jati Putih (Gmelina Arborea Roxb.) sebagai Plastik Biodegradable (dibimbing oleh Muhammad Farid Samawi dan Maming).Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis plastik biodegradable yang berasal dari polimer alami yaitu serat selulosa yang terdapat dalam limbah serbuk gergaji kayu jati putih (Gmelina arborea Roxb.) dan menentukan massa selulosa berbasis serbuk gergaji kayu jati putih optimum dalam mensintesis plastik biodegradable. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Tahapan penelitian ini yaitu, ekstraksi selulosa melalui proses delignifikasi dan pemutihan, sintesis plastik biodegradable dan uji karakteristik plastik biodegradable (Sifat fisik, Uji mekanik dengan menggunakan Universal Testing Machine (UTM) dan analisis FTIR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa massa selulosa berbasis serbuk gergaji kayu jati putih optimum dalam mensintesis plastik biodegradable adalah 0,8 gram dengan penambahan kitosan dan plastisizer sorbitol. Hasil nilai daya serap air optimal adalah 40,43%, nilai densitas optimal adalah 1,772 g/mL, uji kuat tarik optimal adalah 5,0449 N/mm2 dengan persen pemanjangan 14,81%, dan nilai biodegradasi menunjukkan plastik biodegradable dapat terdegradasi dengan presentasi >60% setelah 12 hari. Hasil analisis FTIR plastik biodegradable menunjukkan adanya gugus -OH, -NH dan C-O.

Kata Kunci: Polimer, Selulosa, Plastik Biodegradable, Degradasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: polymer, cellulose, biodegradable plastic, degradation
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Pengelolaan Lingkungan Hidup
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:00
Last Modified: 29 Jan 2024 04:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29562

Actions (login required)

View Item
View Item