APLIKASI COBB-DOUGLAS FUNCTION DALAM ANALISIS PRODUKSI USAHATANI PADI DI KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG = The Application of the Cobb-Douglas Function to Analyzing the Rice Farming Production in Bissappu District, Bantaeng Regency


Bidangan, Anny Melody (2023) APLIKASI COBB-DOUGLAS FUNCTION DALAM ANALISIS PRODUKSI USAHATANI PADI DI KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG = The Application of the Cobb-Douglas Function to Analyzing the Rice Farming Production in Bissappu District, Bantaeng Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191061_skripsi_14-07-2023 caver1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191061_skripsi_14-07-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191061_skripsi_14-07-2023 dp.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191061_skripsi_14-07-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Mata pencaharian sebagian besar masyarakat Indonesia adalah bercocok tanam tanaman padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi produksi padi di Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Cobb-Douglas, yang mana penentuan sampelnya menggunakan metode Simple Random Sampling, dan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner untuk data primer dan data pendukung terkait untuk data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah secara simultan variabel mempengaruhi produksi padi di lokasi penelitian secara signifikan. Variabel yang berpengaruh positif dan signifikan yaitu variabel Luas Lahan, Benih, Pupuk Urea, Tenaga Kerja Pengolahan Lahan, Tenaga Kerja Penanaman, dan Tenaga Kerja Pemeliharaan, sedangkan variabel lainnya yaitu variabel Pestisida dan Tenaga Kerja Panen, berpengaruh positif tetapi pengaruhnya tidak signifikan terhadap produksi padi dan variabel Pupuk NPK serta Herbisida berpengaruh negatif juga tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi padi. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan produksi padi di lokasi penelitian dapat dilakukan dengan menambah luas lahan petani, meningkatkan jumlah bibit yang digunakan, memperbanyak penggunaan pupuk urea, meningkatkan penggunaan pestisida, menambah biaya sewa tenaga kerja pengolahan lahan, serta menambah tenaga kerja pada bagian penanaman, pemeliharaan dan pemanenan. Selain dilakukan penambahan, juga dilakukan pengurangan penggunaan pupuk NPK dan herbisida agar dapat meningkatkan produksi padi. Diharapkan dengan dilakukannya penambahan pada input yang belum efisien dan pengurangan pada input yang tidak efisien secara simultan akan meningkatkan produksi padi di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng.

Keywords : Cobb-Douglas; padi; produksi; variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cobb-Douglas; paddy; production; variable
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:01
Last Modified: 25 Jan 2024 03:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29518

Actions (login required)

View Item
View Item