ANALISIS PERAN PELAKU AGRIBISNIS KOMODITAS CABAI BESAR DAN KONTRIBUSINYA DALAM PENDAPATAN DAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA DI KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE ROLE OF LARGE CHILI COMMODITY AGRIBUSINESS ACTORS AND THEIR CONTRIBUTION TO HOUSEHOLD INCOME AND FOOD SECURITY IN MAKASSAR CITY


Nurzakiah, Sitty (2023) ANALISIS PERAN PELAKU AGRIBISNIS KOMODITAS CABAI BESAR DAN KONTRIBUSINYA DALAM PENDAPATAN DAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA DI KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE ROLE OF LARGE CHILI COMMODITY AGRIBUSINESS ACTORS AND THEIR CONTRIBUTION TO HOUSEHOLD INCOME AND FOOD SECURITY IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191053_skripsi_14-07-2023 caver1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191053_skripsi_14-07-2023 bab 1-2.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191053_skripsi_14-07-2023 dp.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191053_skripsi_14-07-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kota Makassar merupakan salah satu kota penghasil cabai besar di Indonesia. Tingginya permintaan akan komoditas cabai besar membuat harga cabai besar cenderung fluktuatif. Fluktuasi harga cabai besar tidak hanya mempengaruhi daya beli masyarakat namun juga mempengaruhi pendapatan para pelaku agribisnis komoditas cabai besar. Hal ini akan mempengaruhi tingkat ketahanan pangan para pelaku agribisnis. Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis peran pelaku agribisnis pada tiap sub-sistem dan kontribusinya terhadap pendapatan rumah tangganya, menganalisis tingkat ketahanan pangan rumah tangga para pelaku agribisnis komoditas cabai besar, menganalisis hubungan antara tingkat peran pelaku pada tiap sub-sistem dengan tingkat ketahanan pangan rumah tangganya serta hubungan antara kontribusi pendapatan pelaku agribisnis dengan tingkat ketahanan pangan rumah tangga pelaku agribisnis komoditas cabai besar di Kota Makassar. Pendekatan pada penelitian ini adalah mixed method, dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis ketahanan pangan rumah tangga dan analisis korelasi rank spearman. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) tingkat peran pelaku sub-sistem hulu berada pada kategori sedang, pelaku sub-sistem usahatani pada kategori tinggi dan pelaku sub-sistem hilir pada kategori sedang (2) kontribusi pendapatan pelaku sub-sistem hulu terhadap pendapatan rumah tangganya tergolong tinggi, pelaku sub-sistem usahatani tergolong cukup rendah, dan pelaku sub-sistem hilir tergolong cukup rendah (3) tingkat ketahanan pangan rumah tangga pelaku sub-sistem hulu didominasi oleh tahan pangan (85%), pelaku sub-sistem usahatani didominasi oleh tahan pangan (60%), sedangkan pelaku sub-sistem hilir didominasi oleh kurang pangan (45,5%) (4) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat peran pelaku agribisnis komoditas cabai besar dan kontribusi pendapatan pelaku dengan tingkat ketahanan pangan rumah tangganya.

Keywords : Cabai Besar, Peran, Pelaku Agribisnis, Kontribusi Pendapatan, Ketahanan Pangan Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Large chili, Role, Agribusiness Actors, Income Contribution, Household Food Security.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Teknik Agroindustri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:01
Last Modified: 25 Jan 2024 03:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29517

Actions (login required)

View Item
View Item