Firna, Fransiska (2023) Faktor-Faktor Penyebab Penurunan Nilai Mata Kuliah Intranatal Care (INC) Terhadap Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa DIII Kebidanan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
P102211046_tesis_04-08-2023 cover1.png
Download (177kB) | Preview
P102211046_tesis_04-08-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
P102211046_tesis_04-08-2023 dp.pdf
Download (2MB)
P102211046_tesis_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Fransiska Firna. Faktor-Faktor Penyebab Penurunan Nilai Intranatal Care (INC) Terhadap Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa DIII Kebidanan (dibimbing oleh Aminuddin Syam dan Budu )
Uji Kompetensi Nasional mendorong perbaikan Kurikulum dan proses pembelajaran di Intitusi Pendidikan, Salah satu mata kuliah wajib yang ada pada kurikulum bidan adalah mata kuliah Intranatal Care dimana mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang tergabung antara teori dan praktikum dengan Distribusi Terbanyak dalam Soal Uji Kompetensi pada area Kompetensi 4 terdapat 15 Komponen dan area Kompetensi 5 terdapat 34 komponen Total keseluruhan untuk Materi Intranatal Care terdapat 49 Komponen, dengan adanya perubahan proses belajar dikarenakan pandemi Covid-19, Sistem Pembelajaran dilaksanakan secara online yang berdampak pada Nilai Akhir yang diperoleh mahasiswa dan juga berdampak pada hasil Ujian Kompetensi Nasional, hal tersebut dapat dilihat dari penurunan Nilai Akhir dan kelulusan selama masa pandemic.Tujuan untuk Menganalisis Faktor penyebab Penurunan Nilai Mata Kuliah Intranatal Care terhadap Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa DIII Kebidanan. Metode Penelitian ini adalah Survey Retrospektif dengan rancangan Crosssectional Study untuk Menganalisis Hubungan Faktor Penyebab Penurunan Nilai Mata Kuliah Intranatal Care Terhadap Uji Kompetensi. Responden sebanyak 69 Mahasiswi yang tidak Lulus Uji Kompetensi, Analisis Data menggunakan Program SPSS menggunakan Uji Chi-Square. Hasil ada hubungan antara Jaringan dengan Metode Pembelajaran Video, Demontrasi p=0,014 dan Lokasi pembelajaran dengan Metode Pembelajaran p=0,038 terhadap Penurunan Nilai Intranatal Care Terhadap kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa DIII Kebidanan STIKES Bina Generasi Polewali Mandar. Kesimpulan Terdapat Hubungan Jaringan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Lokasi Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:48 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:48 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29492 |