KONFLIK PEMANFAATAN KAWASAN HUTAN LINDUNG (STUDI KASUS DESA USSU KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR) = CONFLICT OVER UTILIZATION OF PROTECTED FOREST(CASE STUDY OF USSU VILLAGE MALILI SUB-DISTRICT EAST LUWU DISTRICT)


Al- Khudzaefi, Abdurrahman (2020) KONFLIK PEMANFAATAN KAWASAN HUTAN LINDUNG (STUDI KASUS DESA USSU KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR) = CONFLICT OVER UTILIZATION OF PROTECTED FOREST(CASE STUDY OF USSU VILLAGE MALILI SUB-DISTRICT EAST LUWU DISTRICT). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI ABDURRAHMAN AL-KHUDZAEFI NIM E411 15 502.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABDURRAHMAN AL-KHUDZAEFI, E411 15 502. “Konflik Pemanfaatan Kawasan Hutan Lindung (Studi Kasus Desa Ussu Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur)” dibimbing oleh Dr. Mansyur Radjab M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Sawedi Muhammad, MA sebagai pembimbing II.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses konflik yang terjadi pada kawasan hutan lindung dan mengetahui jenis konflik yang terjadi serta peran masyarakat dan pemerintah dalam hal ini Kesatuan Perlindungan Hutan (KPH) dalam penyelesaian konflik.Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif untuk menggambarkan fenomena konflik yang terjadi di daerah tersebut. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Pusposive sampling dan teknik Snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara pengamatan (observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi.Hasil penelitian ini yaitu proses konflik yang terjadi di Desa Ussu diawali dengan adanya perusahaan yang melakukan yang diberi izin untuk menglola kawasan hutan lindung sehingga terjadi klaim dari pihak yang berkonflik, adanya konflik vertikal. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat dan keatuan perlindungan hutan dalam penyelesaian konflik yaitu sosialisasi atau dialog tengtang pelaksanaan perhutanan sosial dengan pola pendampingan dan pembinaan oleh petugas kehutanan.Meskipun telah dilakukan upaya penyelesaian konflik tetapi potensi akan terjadi di desa Ussu hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan dari aparat pemerintah.

Kata kunci: Klaim,Konflik, Penyelesaian dan jenis konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Claim, Conflict, Settlement and type of conflict.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 25 Jan 2024 00:44
Last Modified: 25 Jan 2024 00:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29418

Actions (login required)

View Item
View Item