ANALISA PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA PERIODE 1975-2018 = THE ANALYSIS OF INTERNASIONAL TRADE IN PROMOTING ECONOMIC GROWTH IN INDONESIA DURING THE PERIOD OF 1975-2018


Irawati, Irawati (2020) ANALISA PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA PERIODE 1975-2018 = THE ANALYSIS OF INTERNASIONAL TRADE IN PROMOTING ECONOMIC GROWTH IN INDONESIA DURING THE PERIOD OF 1975-2018. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
TESIS IRAWATI.pdf

Download (959kB)

Abstract (Abstrak)

IRAWATI. Analisa Perdagangan Internasional dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Periode 1975-2018. (dibimbing oleh Rahmatia dan Indraswati Tri Abdireviane)Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh nilai tukar, harga minyak dunia, pertumbuhan ekonomi China, pertumbuhan ekonomi Amerika, dan investasi asing terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui ekspor pertanian, eskpor industri dan impor.Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari World Bank. Data dalam penelitian ini adalah deret waktu tahunan dari tahun 1975-2018. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi simultan dengan program Amos.Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tukar, harga minyak dunia, pertumbuhan ekonomi China dan pertumbuhan Amerika Serikat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tetapi penanaman modal asing tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Studi ini menunjukkan bahwa kebijakan yang dilakukan dapat menstabilkan nilai tukar rupiah, investasi, perdagangan internasional yang pada gilirannya berdampak pada produktivitas sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kata Kunci: Nilai Tukar, Harga Minyak Dunia, Perdagangan Internasional, Investasi Asing, Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: exchange rates, world oil prices, international trade, investment foreigners, economic growth
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 25 Jan 2024 00:24
Last Modified: 25 Jan 2024 00:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29415

Actions (login required)

View Item
View Item