RESIKO MEDIS DAN KELALAIAN DALAM TINDAKAN MEDIS (Studi Kasus Putusan Nomor 257/Pid.B/2015/PN.Dps) = MEDICAL RISK AND NEGLIGENCE IN MEDICAL ACTION (CASE STUDY OF ADJUDICATION 257/PID.B/2015/PN.DPS)


Bulana, Gilang Tanda (2020) RESIKO MEDIS DAN KELALAIAN DALAM TINDAKAN MEDIS (Studi Kasus Putusan Nomor 257/Pid.B/2015/PN.Dps) = MEDICAL RISK AND NEGLIGENCE IN MEDICAL ACTION (CASE STUDY OF ADJUDICATION 257/PID.B/2015/PN.DPS). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI GILANG.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

GILANG TANDA BULANA (B111 16 103), Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dengan judul skripsi “RESIKO MEDIS DAN KELALAIAN DALAM TINDAKAN MEDIS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 257/PID.B/2015/PN.DPS), di bawah bimbingan Andi Muhammad Sofyan dan Hijrah Adhyanti Mirzana.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk antara resiko medis dan kelalaian dalam suatu tindakan medis oleh seorang dokter terhadap pasien serta untuk menganalisis kedudukan resiko medis dan kelalaian dalam tindakan medis yang termuat dalam Putusan Nomor 257/Pid.B/2015/PN.Dps Penelitian ini bersifat penelitian normatif yang melakukan pengumpulan data melalui kajian kepustakaan disertai analisis penulis terhadap objek penelitian yang terkait. Selain itu, data-data juga penulis peroleh lewat buku-buku, jurnal serta beberapa peraturan perundang�undangan yang berkaitan dan mendukung penelitian ini. Kemudian, data yang dianalisis secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, dapat diuraikan bahwa: 1) perbedaan yang dapat menjadi rujukan dalam membedakan anptara resiko medis dan kelalaian dapat dianalisis lewat kerja sama kedua belah pihak dalam hubungan terapeutik. Sifat koorperatif seorang pasien dan profesonalitas serta kualitas seorang dokter dapat menjadi pemisah antara resiko medis dan kelalaian. 2) Objek penelitian yang penulis analisis yaitu Putusan Nomor 257/Pid.B/2015/PN.Dps dan ditemukan hasil bahwa kekeliruan penuntut umum dalam memahami konsep unsur melawan hukum dalam kajian malpraktik dalam putusan yang penulis kaji. Sehingga dalam pertimbangan hukumnya, majelis hakim tidak melihat adanya alasan penghapus pidana dan menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa.

Kata Kunci: Resiko Medis, kelalaian, tindakan Medis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Medical risk, negligence, medical act
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:25
Last Modified: 24 Jan 2024 07:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29410

Actions (login required)

View Item
View Item