EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA (KPP) MAKASSAR UTARA (Study Kasus Surat Ketetapan Pajak Di Seksi Penagihan) = The Effectiveness Off Dynamic Archive Management At The First Tax Services Offices North Makassar (Case Study: Tax Permanent Letter In The Billing Section)


Masri, Ramadhany Hariwibowo (2020) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA (KPP) MAKASSAR UTARA (Study Kasus Surat Ketetapan Pajak Di Seksi Penagihan) = The Effectiveness Off Dynamic Archive Management At The First Tax Services Offices North Makassar (Case Study: Tax Permanent Letter In The Billing Section). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of RAMADHANY HARIWIBOWO MASRI.pdf] Text
RAMADHANY HARIWIBOWO MASRI.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ramadhany Hariwibowo Masri (E21113709), Efektivitas Pengelolaan Arsip Dinamis Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara (Studi Kasus : Surat Ketetapan Pajak Di Seksi Penagihan), + 92 Halaman + 14 Gambar + 9 Tabel + 19 Kepustakaan (1987-2018) + Lampiran. Dibimbing Oleh Prof. Dr. Alwi, M.Si dan Dr. Hasniati, S.Sos, M.Si. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pengelolaan arsip dinamis di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara (studi kasus : Surat Ketetapan Pajak di Seksi Penagihan). Yaitu dengan menggunakan teori efektivitas pendekatan proses pengelolaan arsip yang meliputi penciptaan arsip, penggunaan dan pemeliharaan arsip dan penyusutan arsip. Penelitian ini merupakan penelitiaan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prosedur penciptaan dan penyimpanan arsip menerapkan sistem angka (Numerik) dalam penyimpanan dokumen sehingga memudahkan dalam penemuan kembali arsip. Namun kurang efektif karena penyimpanan berkas yang tercipta cukup tinggi sedangkan ruangan penyimpanan yang kecil menyebabkan penumpukan berkas dan ada beberapa box arsip yang sudah rusak karna saling berdempetan. Penemuan kembali arsip belum efektif karena masih memakai cara manual, karna data yang ada dikomputer tidak sesuai dengan posisi berkas yang ada di ruang berkas. Pemeliharaan arsip yang dilakukan belum cukup efektif karena tidak melakukan pengawasan secara berkala, banyak dokumen belum diatur dengan baik karena belum ada standar pemeliharaan arsip yang digunakan. Penyusutan belum cukup efektif karna belum menggunakan Jadwal Retensi Arsip (JRA) dalam penyusutan arsipnya. Petugas kearsipan belum efektif karna tenaga arsiparis tidak ada. Hanya kepala seksi dan staf pegawai yang ada di seksi penagihan bertanggungjawab mengelolah arsipnya.

Kata Kunci : Efektivitas, Pengelolaan, Arsip

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Management, Archives
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:17
Last Modified: 24 Jan 2024 07:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29408

Actions (login required)

View Item
View Item