PENGAWASAN TERHADAP PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH OLEH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MAKASSAR = SUPERVISION OF THE ORGANIZER OF UMRAH WORKSHIP TRAVEL MAKASSAR CITY RELIGIOUS AFFAIRS MINISTRY


Wulandari, Elvira (2020) PENGAWASAN TERHADAP PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH OLEH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MAKASSAR = SUPERVISION OF THE ORGANIZER OF UMRAH WORKSHIP TRAVEL MAKASSAR CITY RELIGIOUS AFFAIRS MINISTRY. Thesis thesis, universitas hasanuddin.

[thumbnail of TESIS LENGKAP-ILMU HUKUM-ELVIRA WULANDARI.pdf] Text
TESIS LENGKAP-ILMU HUKUM-ELVIRA WULANDARI.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ELVIRA WULANDARI. Pengawasan terhadap Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah oleh Kantor Kementerian Agama Kota Makassar. Dibimbing oleh Syamsul Bachri dan Hamzah Halim.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pengawasan pada Pelayanan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) oleh Kantor Kementerian Agama Kota Makassar serta untuk mengetahui tanggung jawab hukum yang dilakukan Kementerian Agama terhadap pengawasan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah. Tipe Penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris (socio legal research), dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu teknik pengumpulan data yang menggunakan metode observasi partisipasi, peneliti terlibat sepenuhnya dalam kegiatan informan kunci yang menjadi subjek penelitian dan sumber informasi penelitian. Setelah data relevan yang diperlukan telah berhasil dihimpun dalam penelitian, maka data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori-teori hukum dan praktek. Hasil penelitian menemukan bahwa pelaksanaan Pengawasan Kementerian Agama Kota Makassar terhadap pelayanan PPIU belum berjalan dengan optimal disebabkan masih kurangnya sosialisasi atas kebijakan pelayanan Penyelenggara Pejalanan Ibadah Umrah dan akreditasi sebagaimana yang amanatkan dalam PMA No 8 tahun 2018 masih minim dilakukan. Tanggung Jawab Kementerian Agama dalam melakukan perlindungan terhadap jemaah belum terlaksana dengan baik karena belum memenuhi aspek perlindungan untuk jemaah hal ini disebabkan karena tidak adanya pengawasan berkala, dimana kementerian agama akan bertindak ketika ada laporan dari Jemaah sehingga, menyebabkan terjadinya kasus-kasus dari pihak travel yang merugikan jemaah.

Kata Kunci : Pengawasan, Kementerian Agama, Kota Makassar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Supervision, Ministry Of Religious Affairs, Makassar City
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:52
Last Modified: 24 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29403

Actions (login required)

View Item
View Item