Tuwo, Ambo (2023) Analisis Usaha Pengolahan Ikan Asin Skala Rumah Tangga di Pulau Sabalana Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan = Analysis of Household Scale Salted Fish Processing Business in Sabalana Island, Liukang Tangaya District, Pangkajene dan kepulauan District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
L041171015_skripsi_15-08-2023 caver1.jpg
Download (316kB) | Preview
L041171015_skripsi_15-08-2023 bab 1-2.pdf
Download (4MB)
L041171015_skripsi_15-08-2023 dp.pdf
Download (1MB)
L041171015_skripsi_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2025.
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Ambo Tuwo. L041171015. “Analisis Usaha Pengolahan Ikan Asin Skala Rumah Tangga di Pulau Sabalana Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan“ dibimbing oleh Aris Baso sebagai Pembimbing Utama dan Hamzah sebagai Pembimbing Anggota.
Ikan asin merupakan salah satu olahan ikan secara tradisional dengan dasar bahan alami dengan tujuan mempertahankan mutu ikan, analisis usaha ikan asin penting untuk mengevaluasi sejauh mana keuntungan yang mereka terima serta sistem pemasaran yang tentunya mempengaruhi tingkat pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pendapatan usaha pengolahan ikan asin skala rumah tangga di Pulau Sabalana dan mengetahui aspek pemasaran pada usaha pengelohan ikan asin skala rumah tangga di pulau Sabalana. Penelitian ini dilakukan di Pulau Sabalana Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Sulawesi Selatan, pada bulan September-November 2022. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode survey. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis pendapatan dan pemasaran yang dijelaskan secara deskritptif dan kuantitaf. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendapatan rata-rata pengolah dan pengumpul ikan asin dalam satu bulan sebesar Rp4.585.359,33 dan pengumpul memiliki rata-rata pendapatan sebesar Rp5.052.162,37. Adapun hasil analisis pemasaran yang didapatkan yaitu lembaga pemasaran yang terlibat diantaranya nelayan, pengumpul lokal, pedagang besar, pengecer dan konsumen dengan ada tiga saluran pemasaran sedangkan untuk efesiensi pemasaran dianggap efesian karena setiap saluran pemasaran pada usaha pengolah ikan asin memiliki niai < 1.
Kata Kunci: Ikan Asin, Usaha Ikan Asin, Pendapatan, Aspek Pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Salted Fish, Salted Fish Business, Revenue, Marketing Aspects |
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 08:11 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 08:11 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29367 |