ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WARU KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR = ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING EXCLUSIVE BREAST MILK IN THE WORK AREA OF WARU PUSKESMAS EAST SERAM REGENCY


Rumakur, Sukmawati (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WARU KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR = ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING EXCLUSIVE BREAST MILK IN THE WORK AREA OF WARU PUSKESMAS EAST SERAM REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052211009_tesis_15-08-2023 caver1.jpg

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052211009_tesis_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052211009_tesis_15-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052211009_tesis_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SUKMAWATI RUMAKUR. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Waru Kabupaten Seram Bagian Timur (dibimbing oleh Muhammad Alwy Arifin dan Darmawansyah)

Saat ini pemberian ASI eksklusif semakin menurun, penyebab penurunan pemberian ASI eksklusif adalah faktor kurangnya pengetahuan, sosial budaya, kesadaran akan pentingnya ASI, pelayanan kesehatan dan petugas kesehatan yang belum sepenuhnya mendukung serta gencarnya promosi ASI Ekslusif. Rendahnya persentasi pemberian ASI kemungkinan karena banyaknya faktor yang menyebabkan kegagalan pemberian ASI baik faktor internal (pengetahuan ibu, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, dan penyakit ibu) maupun faktor eksternal (promosi susu formula bayi, penolong persalinan) yang menyebabkan kegagalan pemberian ASI selama 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemberian ASI Eksklusif pada bayi di wilayah kerja Puskesmas Waru Kabupaten Seram Bagian Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan observasional analitik dengan rancangan cross sectional study untuk melihat pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen dan observasi sekaligus pada waktu yang bersamaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan (Accidental sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 81 ibu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara status pekerjaan, efikasi diri, dukungan petugas kesehatan dan dukungan keluarga dengan pemberian ASI secara eksklusif, sedangkan untuk variabel jarak kehamilan ibu dan pengetahuan tidak ada pengaruh dengan pemberian ASI secara eksklusif. Adapun berdasarkan uji multivariat didapatkan variabel yang paling berpengaruh dengan pemerian ASI Eksklusif yaitu dukungan keluarga. Saran untuk petugas kesehatan yaitu agar meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi. Adapun saran untuk ibu menyusui yaitu untuk lebih meningkatkan pengetahuan terkait laktasi serta diperlukan dukungan keluarga.

Keywords : Bayi, Pemberian ASI Eksklusif, Puskesmas

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Baby, Exlusive Breastfeeding, Puskesmas
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:38
Last Modified: 22 Jan 2024 06:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29303

Actions (login required)

View Item
View Item