ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) PADA OPERATOR GROUND SUPPORT EQUIPMENT DI PT GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN


Malik, Ainulhaj Sapirianty T. (2023) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) PADA OPERATOR GROUND SUPPORT EQUIPMENT DI PT GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191185_skripsi_15-08-2023 caver1.jpg

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191185_skripsi_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011191185_skripsi_15-08-2023 dp.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011191185_skripsi_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Industri penerbangan merupakan industri yang berisiko tinggi. Dalam mewujudkan pelayanan yang prima dalam industri ini maka perlunya diterapkan manajemen risiko K3 dengan metode HIRARC agar dapat meminimalisir risiko yang ada ditempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis risiko K3 dengan metode HIRARC pada operator GSE PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix method research yang menggabungkan dua bentuk pendekatan penelitian yaitu, kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Dilaksanakan pada bulan April–Mei 2023. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang dengan 5 informan utama (pekerja GSE), 4 informan kunci (SSQ dan SPV GSE), dan 2 informan pendukung (rekan kerja).
Hasil identifikasi bahaya yang didapatakan yaitu, bahaya mekanik, listrik, fisik, ergonomis, dan psikologis. Hasil analisis risiko dalam penelitian ini ialah terdapat tingkatan risiko yang bervariasi yaitu dari tingkatan risiko tinggi-rendah. Tingkat risiko rendah dengan skor 4, tingkat risiko sedang dengan range 6-9, dan tingkat risiko tinggi dengan range 12-16. Hasil pengendelaian risiko yang didapatkan adalah eliminasi, rekayasa Teknik, administratif, dan APD. Analisis risiko K3 pada operator GSE PT. Dapat disimpulkan Gapura Angkasa Bandar Udara Sultan Hasanuddin memiliki risiko yang berada pada kategori rendah, sedang, dan tinggi sehingga diperlukannya manajemen K3 dalam meminimalisir risiko dengan dilakukannya pengendalian risiko yang tepat.

Keywords : GSE, HIRARC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ground Support Equitment, HIRARC
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:47
Last Modified: 18 Jan 2024 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29253

Actions (login required)

View Item
View Item