HUBUNGAN PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 5 MAKASSAR


MERDEKAWATI, IKA (2019) HUBUNGAN PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 5 MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_C12116011_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_C12116011(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_C12116011(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_C12116011(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ika Merdekawati. C12116011. HUBUNGAN PENGGUNAAN GAME ONLINE DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 5 MAKASSAR. Dibimbing oleh Elly L. Sjattar dan Moh. Syafar Sangkala
Latar belakang: Game online merupakan salah satu media hiburan yang sangat diminati remaja saat ini. Penggunaan game online yang berlebihan dapat mengakibatkan remaja mengalami kecanduan terhadap game online sehingga menimbulkan berbagai dampak negatif seperti sulit berkonsentrasi dalam belajar serta menurunkan motivasi remaja untuk belajar.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan penggunaan game online dengan konsentrasi belajar pada siswa SMA Negeri 5 Makassar
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian secara observasional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 5 Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mmenggunakan stratified random sampling dengan besar sampel yakni 286 orang.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan game online dengan konsentrasi belajar (p = 0.0001) pada siswa SMA Negeri 5 Makassar dengan tingkat kemaknaan α < 0.05. Mayoritas siswa SMA Negeri 5 Makassar berada pada kategori adiksi rendah dan sebagian siswa SMA Negeri 5 Makassar mempunyai konsentrasi yang baik.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa SMA Negeri 5 Makassar memiliki tingkat adiksi game online yang rendah dan sebagian memiliki konsentrasi belajar yang baik. Selain itu terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel.
Kata kunci: Game online, konsentrasi belajar, remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:59
Last Modified: 04 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item
View Item