Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Metode Job Safety Analysys (JSA) dan Metode Hazard Operability Study (HAZOP) Pada Area Dock PT. Industri Kapal Indonesia


M.taufiq.sy, M.taufiq.sy (2023) Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Metode Job Safety Analysys (JSA) dan Metode Hazard Operability Study (HAZOP) Pada Area Dock PT. Industri Kapal Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D071181303_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf] Text
D071181303_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D071181303_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
D071181303_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of D071181303_skripsi_09-05-2023 dp.pdf] Text
D071181303_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of D071181303_skripsi_09-05-2023.pdf] Text
D071181303_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Terdapat berbagai berbagai permasalahan yang terjadi, terutama pada aktivitas pekerjanya yang tidak memerhatikan risiko kesehatan dan keselamatan kerja. Hal ini berdampak pada kecelakaan yang bisa terjadi dan menimbulkan kerugian baik pada pekerjanya maupun pada proses pembuatan kapalnya sendiri. Kelelahan kerja salah satu sebab terjadinya kecelakaan kerja atau terganggunya kesehatan bagi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja dan menghitung tingkat risiko kecelakaan kerja dan menyusun tindakan pengendalian risik untuk mengurangi ptensi bahaya yang terjadi di PT. IKI. Objek Penelitian ini adalah proses kerja pada area kerja dock galangan kapal pada PT. IKI. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara dan observasi dan analisis data menggunakan metode JSA (Job Safety Analysis) dan HAZOP (Hazard and operability study) dimana JSA diterapkan untuk melakukan kajian risiko pada setiap tahapan pekerjaan dan HAZOP sebagai suatu sistem bentuk penilaian dari sebuah proses. Hasil penelitian menunjukkan potensi bahaya terbesar berasal dari mekanik sebesar 37% dengan sumber bahaya terbesar berasal dari peralatan sebesar 54% yang dimana penilaian tingkat risiko yang paling banyak berada pada tingkat kategori risiko tinggi sebesar 64%. Tindakan pengendalian risiko digunakan hierarchy of controls dengan 3 pengendalian yaitu APD, Administrasi dan Rekayasa Teknik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:51
Last Modified: 17 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29196

Actions (login required)

View Item
View Item