PEMANFAATAN FITOPLANKTON Spirulina platensis KAYA β-KAROTEN, DOCOSAHEXAENOIC ACID (DHA), EICOSAPENTAENOIC (EPA) DAN PROTEIN PADA FORTIFIKASI NUGGET JAGUNG


SALAM, ABD (2017) PEMANFAATAN FITOPLANKTON Spirulina platensis KAYA β-KAROTEN, DOCOSAHEXAENOIC ACID (DHA), EICOSAPENTAENOIC (EPA) DAN PROTEIN PADA FORTIFIKASI NUGGET JAGUNG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
SKRIPSI ABD SALAM H31110273.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini memanfaatkan kandungan Fitoplankton Spirulina platensis untuk fortifikasi Nugget jagung. Kadar Spirulina platensis yang akan diteliti kandungannya berupa kadar β-Karoten, DHA, EPA dan Protein. Fortifikasi dilakukan untuk meningkatkan gizi suatu produk tertentu. Dalam fortifikasi, untuk menjaga kandungan gizi yang terdapat pada fitoplankton biomassa disalut dengan formula maltodekstrin 0,15 g. Kemudian dilakukan analisis kandungan biomassa, nugget kontrol dan nugget fito yang diekestrak dengan memanfaatkan frekuensi getaran pada alat sonikasi. dan dilakukan analisis proksimat. Hasil kandungan DHA pada fitoplankton sebesar 53,31 mg/g, sedangkan nugget yang difortifikasi fitoplankton sebesar 9,94 mg/g, dan pada nugget kontrol sebesar 3,01 mg/g. Kandungan betakaroten fitoplankton adalah 8,79 mg/g, sedangkan pada nugget kontrol dan nugget yang difortifikasi nugget fitoplankton masing-masing sebesar 0,281 mg/g dan 0,07 mg/g. Hasil kandungan protein fitoplankton, nugget yang difortifikasi fitoplankton, dan nugget kontrol masing-masing sebesar 55,58%, 9.55% dan 8,75%. Uji In-Vivo terhadap mencit putih menunjukan kenaikan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan mencit putih yang diberi makan nugget kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Kimia
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:04
Last Modified: 04 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29062

Actions (login required)

View Item
View Item