PENGARUH KECEPATAN SETTING DAN KECEPATAN HAULING PENGOPERASIAN ALAT TANGKAP MINI PURSE SEINE PADA SIANG HARI TERHADAP PRODUKSI HASIL TANGKAPAN DI PERAIRAN LAUT SAWU KABUPATEN SIKKA NUSA TENGGARA TIMUR


Oktavianus Nobel Pale, Christofel (2020) PENGARUH KECEPATAN SETTING DAN KECEPATAN HAULING PENGOPERASIAN ALAT TANGKAP MINI PURSE SEINE PADA SIANG HARI TERHADAP PRODUKSI HASIL TANGKAPAN DI PERAIRAN LAUT SAWU KABUPATEN SIKKA NUSA TENGGARA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of sampul]
Preview
Image (sampul)
L012181003_tesis Cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
L012181003_tesis DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I - II] Text (Bab I - II)
L012181003_tesis I-II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L012181003_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kecepatan setting dan kecepatan hauling pada pengoperasian alat tangkap mini purse seine terhadap produksi hasil tangkapan, Menganalisis hubungan antar variabel, kecepatan kapal, ABK, gross tonase kapal, panjang jaring, kedalaman jaring terhadap produksi hasil tangkapan dan Menganalisis besaran nilai optimum terhadap variabel-variabel yang memiliki pengaruh terhadap produksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai bulan Desember 2019 di Desa Mbengu, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur menggunakan armada Mini Purse seine nelayan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan studi kasus. Adapun beberapa analisis yang digunakan adalah : (1) analisis regresi linear berganda untuk mengkaji pengaruh kecepatan setting dan hauling terhadap produksi hasil tangkapan, dan mengetahui hubungan antar variabel, panjang jaring, lebar jaring, gross tonase, kecepatan kapal, Jumlah awak kapal, terhadap produksi hasil tangkapan. (2) Analisis Linear Program untuk mengkaji nilai optimum dari variabel yang dianggap memiliki pengaruh terhadap produksi hasil tangkapan. Hasil analisis pengaruh kecepatan setting dan kecepatan hauling terhadap produksi hasil tangkapan berdasarkan uji parsial setting (X1) memiliki nilai signifikansi 0,0000033 < 0,05 serta nilai t -4,228 artinya bahwa seting (X1) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap produksi, hauling (X2) memiliki nilai signifikansi 0,018 < 0,05 yang merupakan nilai probabilitas serta nilai t 2,388 yang mempunyai arti hauling (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap produksi. Uji korelasi menunjukan bahwa Variabel X3 (Kecepatan Kapal), X6 (Panjang Jaring) dan X7 (Kedalaman Jaring) memiliki korelasi terhadap produksi hal ini terlihat dari nilai signifikan secara berturut X3 (0,0000022) X6 (0,016) dan X7 (0,003) < 0,05 yang merupakan nilai probabilitas. Sedangkan X 4 Gross tonase Kapal (GT) dan X5 ABK tidak berkorelasi terhadap produksi hasil tangkapan hal ini terlihat dari nilai signifikansi secara berturut yakni X4 (0,480) dan X5 (0.073) > 0,05 yang merupakan nilai probabilitas. Berdasarkan nilai analisis Linear Program ditemukan nilai optimum setting, Kecepatan Kapal, ABK dan Hauling pada kapal berukuran 3 GT adalah 251 detik seting, kecepatan 6,7 knot, jumlah ABK 6 orangdan hauling 904,8, kapal 5 GT 153,33 detik seting, kecepatan 7,94 knot, ABK 7 orang dan hauling 809,21 detik dan kapal 7 GT 153,25 detik seting, kecepatan 7,78 knot, jumlah ABK 7 orang dan hauling 896,05 detik. Dari hasil yang ditemukan bahwa untuk memperoleh hasil produksi yang maksimal nelayan perlu mengoptimalkan faktor teknis seperti setting, hauling, kecepatan dan ABK.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 03 Mar 2021 02:59
Last Modified: 03 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item
View Item