KERAGAMAN FAUNA PENEMPEL YANG BERASOSIASI DENGAN MANGROVE DI DESA BALANGDATU KEPULAUAN TANAKEKE KABUPATEN TAKALAR SULAWESI SELATAN


CRISNAWATI, CRISNAWATI (2017) KERAGAMAN FAUNA PENEMPEL YANG BERASOSIASI DENGAN MANGROVE DI DESA BALANGDATU KEPULAUAN TANAKEKE KABUPATEN TAKALAR SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, universitas hasanuddin.

[thumbnail of skripsi dalam bentuk word.pdf] Text
skripsi dalam bentuk word.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian tentang Keragaman fauna penempel yang berasosiasi dengan mangrove di desa Balangdatu Kepulauan Tanakeke kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, telah dilakukan pada bulan September sampai Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman fauna penempel yang berasosiasi dengan mangrove di Desa Balangdatu Kepulauan Tanakeke Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Pengambilan sampel dilakukan secara eksploratif kuantitatif menggunakan plot ukuran 2 x 2 m pada tiga stasiun berbeda. Analisis data mencakup perhitungan nilai Kepadatan mutlak, Indeks keanekaragaman jenis (Shannon-wiener), Indeks keseragaman, Indeks dominansi, Indeks penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 13 spesies fauna penempel dari 9 suku, yaitu Littoraria sp 1, Cerithidea cingulata, Littoraria sp 2, Littoraria pallescens, Episesarma sp, Saccostrea cucullata, Pagurus sp, Terebralia sulcata, Cerithidea sp, Nerita planospira, Nerita histrio, Littoraria scabra, dan Cassidula vespertilionis. Kepadatan tertinggi ditemukan pada Littoraria scabra dengan kepadatan 0,72 ind/m2. Indeks keanekaragaman tergolong rendah yang menunjukkan kondisi lingkungan yang tertekan. Nilai Indeks penyebaran di seluruh stasiun < 1 yang menunjukkan bahwa pola penyebaran individu cenderung seragam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Biologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:19
Last Modified: 04 Jan 2024 07:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28999

Actions (login required)

View Item
View Item