POTENSI SEDIAAN PROBIOTIK ENKAPSULASI DARI AYAM BURAS Gallus domesticus BERASAL DARI KELURAHAN MALAKAJI KABUPATEN GOWA TERHADAP PERTUMBUHAN AYAM BROILER


KAMSINAR, KAMSINAR (2017) POTENSI SEDIAAN PROBIOTIK ENKAPSULASI DARI AYAM BURAS Gallus domesticus BERASAL DARI KELURAHAN MALAKAJI KABUPATEN GOWA TERHADAP PERTUMBUHAN AYAM BROILER. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
SKRIPSI LENGKAP KAMSINAR.pdf

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Potensi Sediaan Probiotik Enkapsulasi dari Ayam Buras Gallus domesticus Berasal dari Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa Terhadap Pertumbuhan Ayam Broiler”. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengkarakterisasi bakteri yang berpotensi sebagai probiotik yang berasal dari usus ayam buras Gallus domesticus dari daerah pemukiman warga Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa dan menguji potensi bakteri probiotik dari usus ayam buras tersebut dalam bentuk sediaan enkapsulasi terhadap pertumbuhan ayam broiler selama 42 hari. Seleksi bakteri probiotik menggunakan medium Mann Ragosa Shape Agar (MRSA) yang ditambahkan CaCO3 1%. Hasil isolasi diperoleh 12 isolat, 7 diantaranya yaitu isolat A, B, C, D, E, J, dan K yang berpotensi sebagai probiotik dan dilakukan berbagai pengujian karakteristik yaitu uji ketahanan asam dengan pH 3 dan uji garam empedu 1 % dan 5 %. Hasil seleksi diperoleh isolat D (basil positif) sebagai probiotik untuk diberikan pada pakan ayam broiler. Sebnyak 20 ekor ayam broiler strain 707, dibagi dalam 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan R0 (kontrol positif pakan komersial/BP 11), R1 (kontrol negatif pakan buatan), R2 (pakan buatan + probiotik D 1 gr, R3 (pakan buatan + probiotik D 0,5 gr (pagi) dan 0,5 gr (sore). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan R3 (pakan buatan + probiotik D 0,5 gr (pagi) dan 0,5 gr (sore) adalah perlakuan yang palig efektif dalam meningkatkan pertumbuhan berat badan ayam broiler (1234,2 gr) dan rata-rata konversi ransum (1,873 gr) keaktifan, penampilan visual, dan daya tahan tubuh yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Biologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:27
Last Modified: 19 Dec 2023 05:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28968

Actions (login required)

View Item
View Item