APLIKASI TRANSFORMASI FOURIER CEPAT UNTUK PENINGKATAN KUALITAS CITRA MEDIK


ASNI, NUR (2017) APLIKASI TRANSFORMASI FOURIER CEPAT UNTUK PENINGKATAN KUALITAS CITRA MEDIK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL ASNI.docx.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian tentang teknik filterisasi pada citra Magnetic Resonance Imaging (MRI) dengan cara menerapkan beberapa jenis filter untuk mengurangi noise dan penajaman tepi pada citra berbasis Transformasi Fourier
Cepat (TFC). Citra diubah ke dalam domain frekuensi menggunakan Transformasi Fourier Cepat. Citra hasil transformasi diolah menggunakan Low Pass Filter berupa Ideal Low Pass Filter, Butterworth Low Pass Filter dan Gaussian Low Pass Filter untuk mengurangi noise. Sedangkan, untuk penajaman tepi diolah menggunakan High Pass Filter berupa Ideal High Pass Filter, Butterworth High Pass Filter dan Gaussian High Pass Filter. Low Pass Filter bekerja dengan cara meloloskan komponen frekuensi rendah sehingga citra yang dihasilkan menjadi lebih halus, sedangkan High Pass Filter bekerja dengan cara meloloskan komponen frekuensi tinggi sehingga tepi citra menjadi lebih tajam.
Citra hasil filter kemudian dikembalikan ke dalam domain spasial menggunakan Invers Transformasi Fourier Cepat (ITFC). Untuk menentukan citra hasil filter terbaik digunakan parameter berupa Mean Square Error (MSE) dan Peak Signal to Noise Ratio (PSNR), dimana citra yang paling baik adalah citra hasil filter dengan nilai MSE yang terendah dan nilai PSNR yang tertinggi. Dari perbandingan nilai MSE dan PSNR citra hasil diperoleh bahwa untuk mengurangi noise, filter yang baik adalah Gaussian Low Pass Filter pada frekuensi cut�off=100. Sedangkan, untuk penajaman tepi citra filter yang baik adalah Gaussian High Pass Filter pada frekuensi cut-off=10.
Kata Kunci : Transformasi Fourier Cepat (TFC), Invers Transformasi Fourier
Cepat (ITFC), Low Pass Filter, High Pass Filter, MSE, PSNR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Fisika
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:40
Last Modified: 20 Sep 2023 03:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28912

Actions (login required)

View Item
View Item