KESADARAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL BLUEBACK KARYA WINTON


NURHAERI, NURHAERI (2019) KESADARAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL BLUEBACK KARYA WINTON. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
tesis Nurhaeri.pdf

Download (809kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya kesadaran lingkungan dan untuk menguraikan bentuk kesadaran lingkungan melalui peristiwa dan penampilan para tokoh secara berturut-turut yang tercermin dalam novel Blueback karya Winton.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori ekokritik dan pendekatan ekspresif sebagai teori pendukung. Data berasal dari deskripsi dan ungkapan – ungkapan para tokoh dan narrator dalam novel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran lingkungan berasal dari fenomena lingkungan yang terjadi seperti pencemaran air, badai, penangkapan ikan liar dan hewan langka. Bentuk kesadaran lingkungan para tokoh dapat dilihat dari opini para tokoh tentang lingkungan, bagaimana tokoh utama bergantung pada lingkungan, memanfaatkan, menghargai dan menyelamatkan lingkungan. Penulis juga menggunakan pendekatan ekspresif untuk mengidentifikasi pandangan pengarang dalam menuangkan idenya, dalam hal ini Winton menyuguhkan beberapa fenomena lingkungan dan juga solusi untuk melihat bentuk kesadaran lingkungan yang di gambarkan lewat tokoh utama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:12
Last Modified: 22 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28800

Actions (login required)

View Item
View Item